Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Kukuh Dwi Utomo Universitas PGRI Semarang
  • A.Y. Soegeng Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Hidar Amaruddin Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Keywords:

problem solving, difficulty learning, pandemic, covid-19

Abstract

Adanya kasus kesulitan belajar yang dialami siswa selama pandemi covid-19 membuat siswa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan peneliti untuk mengategorikan masalah dan menemukan solusi untuk penyelesaian masalah kesulitan belajar siswa selama pandemi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 14 siswa kelas empat sekolah dasar dan 14 orangtua siswa kelas empat. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Matthew B. Milles & Hubberman dengan metode analisis deskriptif kualitatif model alir (flow model) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Pengolahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan berupa (1) tidak semua siswa memiliki gawai yang mendukung pembelajaran, (2) kesulitan dalam jaringan, dan (3) kesulitan dalam pembelian paket data internet. Pemecahan masalah kesulitan belajar adalah menggunakan metode tatap muka dengan menggunakan sistem rolling atau bergantian, pada saat pembelajaran tatap muka, siswa di ruang kelas tidak boleh melebihi dari enam belas dan dilakukan selama dua hari sekali. Kedua dengan sistem daring yaitu dengan cara bergantian dengan tatap muka yang dilaksanakan selama dua hari sekali. Ketiga adalah harus adanya bantuan paket data internet dari pemerintah kepada guru dan siswa untuk menunjang pembelajaran selama pandemi covid-19.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588.

Anis, Y. W. (2017). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas Viii Smp. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 15. https://doi.org/10.29210/12017293

Budiyono, F. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam belajar pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS di SDN gapura timur I sumenep. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 60. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516

Darmadi. (2015a). Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Pendidikan, 13(1), 161–174. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Darmadi, H. (2015b). Tugas, Peran,Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548

Fitri, F. (2016). Peningkatan Kemandirian Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Mekanika Melalui Metode Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v4i1.391

Fitriyani, & Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Handarini, Oktafia, I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3). Retrieved from https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503.

Herliandry, Enjelina, & Kuswanto. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1). Retrieved from https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Izaak, Esomar, & Sopacua. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Cakrawala Pendidikan, 35(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10706

Khaeroni, & Nopriyani. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD/MI Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinat. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018

Kusdaryani, W., Purnamasari, I., & Damayani, A. T. (2016). Penguatan Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 35(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8383.

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.800

Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center.

Palunga, & Marzuki. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Pindo, H., & Rinci, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8(2), 112. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, R. S., & Santoso, priyono B. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal of Education, Psychology and Counseling., 2(1). Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Rahmadhani, R., & Hidayati, A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Edutainment Padamata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP/SEDERAJAT. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.1007/xxxxxx-xx-0000-00

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Rusmawan, R. (2013). Faktor yang memengaruhi kesulitan belajar IPS siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1487

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020a). Pembelajaran Daring di Tenggah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., … Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.

Sadikin, & Hamidah. (2020b). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Soni, Hafid, Hayami, Fatma, Wenando, Amien, … Mukhtar. (2018). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom, E-Learning & Blended Learning sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 21. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.361

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar tehadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Sutrisno, T., Agung, Y. A., Tri Sutrisno, & Yudha Anggana Agung. (2013). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(03), 1068–1074. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/17213

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan&Konseptual, 3(2), 88–98. https://doi.org/DOI:http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.111

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462

Wardani, Anita, & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Yulianingsih, & Sobandi. (2017). Kinerja Mengajar Guru Sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Siswa. Mamper Jurnal Manajemen Perkantoran, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8105.

Downloads

Published

2021-04-08

How to Cite

Utomo, K. D., Soegeng, A., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Issue

Section

Articles