MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALY (TAI) BERBASIS CONCEPT MAPPING BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS III GIANYAR

Authors

  • Anak Agung Istri Evayanti .
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .
  • Dr. I Gede Meter,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS pada kelas yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualy (TAI) berbasis Concept Mapping dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional siswa kelas V SD Gugus III Gianyar tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus III Gianyar yang berjumlah 188 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling, kemudian untuk menentukan kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan teknik undian. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPS yang meliputi aspek kognitif dan aspek afektif. Nilai kognitif didapat dari tes hasil belajar bentuk pilihan ganda biasa dan nilai afektif didapat melalui lembar observasi berupa nilai karakter. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis Concept Mapping dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, berdasarkan hasil uji-t didapat thitung = 3,72 dan ttabel dengan dk = 68 pada taraf signifikansi 5% =2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung > ttabel (3,72>2,000) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas V yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbasis Concept Mapping lebih dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (74,29>65,25). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualy (TAI) berbasis Concept Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus III Gianyar Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualy (TAI) Berbasis Concept Mapping, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar IPS.

This study aims to determine significant differences in learning outcomes in sicial studies be taught through cooperative learning model Team Asissted Individualy (TAI) based concept mapping with conventional learning in class V in Cluster III Gianyar academie year 2013/2014. This study was a quasi-experimental study with study design used was Nonequvalent Control Group Design. The study population according to all fifth grade students in Cluster III Gianyar, amounting to 188 students. Sampel were taken by random sampling then to determine the class that will be used experimental and grade technique lottery. The data collection is the result of social studies that include cognitive aspects combined with the effective aspects values obtained fromtest of cognitive learning outcames anusual from of multiple choice and effective value oblained through observation sheet in the from of character values. Data werw analyzed by t-test. The result showed that there were significant differences in learning outcames between students who learned with implementing cooperative learning model TAI based concept mapping with students who learned with conventional learning, based on t-test result obtained thit = 3,72 and ttabel with dk = 68 pda taraf signifikansi 5% = 2,000. Based on testing criteria account thitung>ttabel (3,72>2,000) then Ho is rejected and Ha accepted. Average learning model TAI based concept mapping over than students who learned with conventional learning (74,29>65,25). It can be concluded that the cooperative learning model Team Asisstrs Individualy (TAI) based concept mapping affects the outcome of the grade V social studies up to cluster III Gianyar academie year 2013/2014
keyword : Team Asissted Individualy (TAI) cooperative learning model based concept mapping, conventional learning, the result of social studies

Published

2014-06-24

How to Cite

., A. A. I. E., ., D. I. K. N. W. M., & ., D. I. G. M. (2014). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISSTED INDIVIDUALY (TAI) BERBASIS CONCEPT MAPPING BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS III GIANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3069

Issue

Section

Articles