Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda

Authors

  • Ni Luh Putu Purhita Pebriani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980

Keywords:

video pembelajaran, youtube, perubahan wujud benda

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran membuat siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran siswa juga memerlukan media pembelajaran yang dapat membatu memahami materi secara berulang-ulang sehingga diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran seperti video. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbantuan youtube pada muatan IPA materi perubahan wujud benda kelas V SD yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu: 2 orang ahli materi mata pelajaran IPA, 2 orang ahli media video pembelajaran, 2 orang praktisi dan 12 orang respon siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa rating scale dengan lembar penilaian validitas video pembelajaran berbantuan youtube muatan IPA. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Data dianalisis menggunakan rumus mean untuk memperoleh rata-rata skor. Rata-rata skor dari ahli materi yaitu 4,6, ahli media 4,72, respon praktisi 4,66, dan respon siswa 4,61 dengan kualifikasi keseluruhan “sangat baik” dan uji reliabilitas memperoleh hasil dari ahli materi yaitu 98,6%, ahli media 96,3%, praktisi 92,9% dan respon siswa 92,5% dengan kualifikasi keseluruhan “sangat tinggi”. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran berbantuan youtube pada muatan IPA materi perubahan wujud benda yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Ni Luh Putu Purhita Pebriani, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Putu Aditya Antara, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407.

AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501.

Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan Media Kartu terhadap Minat Belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(1), 6–12. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173.

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Deepublish.

Akmal, S., Masna, Y., Tria, M., & Maulida, T. A. (2020). EFL Teachers’ Perceptions: Challenges and Coping Strategies of Integrated Skills Approach (ISA) Implementation at Senior High Schools in Aceh. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 4(2), 363. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v4i2.522.

Andrian, R. (2017). Pembelajaran Bermakna Berbasis Post It. Jurnal Mudarrisuna. Jurnal Mudarrisuna, 7(1), 103–118. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jm.v7i1.1911.

Anugerah, S., Ulfa, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 76–85. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p076.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008.

Asmara, Y. P., Kurniawan, T., Sutjipto, A. G. E., & Jafar, J. (2018). Application of plants extracts as green corrosion inhibitors for steel in concrete - A review. Indonesian Journal of Science and Technology, 3(2), 158–170. https://doi.org/10.17509/ijost.v3i2.12760.

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925.

Bestiantono, D. S., Agustina, P. Z. R., & Cheng, T.-H. (2020). How Students’ Perspectives about Online Learning Amid the COVID-19 Pandemic? Studies in Learning and Teaching, 1(3), 133–139. https://doi.org/10.46627/silet.v1i3.46.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84.

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. EDUTECH: Jurna Teknologi Pendidikan, 19(3), 189–210. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/e.v1i3.26978.

Dyah Kusuma, E., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2018). The Development of Problem-Based Quantum Learning Model in Elementary Schoolin. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 9–16. https://doi.org/10.24331/ijere.412267.

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/315105651.

Fajriana, & Safriana. (2021). Analisis Kesiapan Guru Fisika dan Matematika dalam Pembelajaran Daring. Jpsi, 9(2), 293–304. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19162.

Fedistia, R., & Musdi, E. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 45–59. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14371.

Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107.

Fitra, A., Sitorus, M., Parulian Sinaga, D. C., & Marpaung, E. A. P. (2020). Pemanfaatan dan Pengelolaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengajaran Daring Bagi Guru-Guru SMP. Jurnal Pengabdi, 3(2), 101. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v3i2.42387.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Hamid, A., & Effendi, H. (2019). Flipped Classroom sebagai Alternatif Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional, V(1), 81–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jtev.v5i1.105414.

Hardani, A. T. A., & Akmal, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Kongkret Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 233–245. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.37.

Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Pjj Dimasa Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 98. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4683.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47.

Hibra, B. Al, Hakim, L., & Sudarwanto, T. (2019). Development of Vlog Learning Media (Video Tutorial) on Student Materials. Tax at SMK PGRI 1 Jombang. International Journal of Educational Research Review, 435–438. https://doi.org/10.24331/ijere.573945.

Hilmy, M., & Niam, K. (2020). Winning the Battle of Authorities: The Muslim Disputes Over the Covid-19 Pandemic Plague in Contemporary Indonesia. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 8(2), 293. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i2.7670.

Istuningsih, W., Baedhowi, B., & Bayu Sangka, K. (2018). The Effectiveness of Scientific Approach Using E-Module Based on Learning Cycle 7E to Improve Students’ Learning Outcome. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 75–85. https://doi.org/10.24331/ijere.449313.

Kafah, A. K. N., Nulhakim, L., & Pamungkas, A. S. (2020). Development of video learning media based on powtoon application on the concept of the properties of light for elementary school students. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 34–40. https://doi.org/10.30870/gravity.v6i1.6825.

Kim, D. (2020). The correlation analysis between Korean middle school students’ emotional level and friendship in science learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 22–31. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.22744.

Maryani, I., & Sumiar, Z. (2018). Developing science monopoly on the force learning material for elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.16084.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index.

Pamungkas, D. A., Prima, F., & Arisyanto, P. (2020). Sumber Belajar Dan Media Pembelajaran Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SDN 1 Pidodowetan. Jurnal Sinektik, 3(2), 164–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33061/js.v3i2.3773.

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7.

Pham, V. H., Cichy, I., Wawrzyniak, S., & Rokita, A. (2020). “BRAINballs” educational balls - An innovative teaching method in education “Children learn while playing.” VNU Journal of Science: Education Research, 36(4), 68–74. https://doi.org/10.25073/2588-1159/vnuer.4443.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.

Purwatiningsih, S. D., & Soelistyowati, D. (2021). Pembelajaran Online sebagai Solusi Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(01), 51–59. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.110.

Rahmawati, F., Fatimah, V., Buraidah, N. L., El Wa’fa, A. R., Faizah, S. N., & Mukaromah, A. (2021). Efektivitas Video Belajar Dalam Pembelajaran Daring Matematika Materi Transformasi Pada Siswa Smp. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 202. https://doi.org/10.31949/th.v5i2.2668.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Suratun, Irwandani, & Latifah, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Chanel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602.

Susanti, S. (2020). Praktik Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 102–106. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.2992.

Syah, A., & Tasrif, E. (2021). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi “Studi Kasus MAS TI Canduang dengan Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom.” JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.12.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Tegeh, I. M., & Kirana, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Udjaja, Y., Guizot, V. S., & Chandra, N. (2018). Gamification for Elementary Mathematics Learning in Indonesia. International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), 8(5), 3860. https://doi.org/10.11591/ijece.v8i5.pp3860-3865.

Warju, Ariyanto, S. R., Soeryanto, Hidayatullah, R. S., & Nurtanto, M. (2020). Practical Learning Innovation: Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 79. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12665.

Widodo, W., Sudibyo, E., Suryanti, Sari, D. A. P., Inzanah, & Setiawan, B. (2020). The effectiveness of gadget-based interactive multimedia in improving generation z’s scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 248–256. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23208.

Wulandari, R. E., Aksioma, D. F., & Haryono, H. (2019). Analisis Reliabilitas dan Availabilitas pada Mesin Produksi Lampu Pijar Sistem Seri Menggunakan Pendekatan Analisis Markov di PT. Sinar Angkasa Rungkut. Jurnal Sains dan Seni ITS, 7(2), 7–12. https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.33178.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yudela, S., Putra, A., & Laswadi, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis YouTube Pada Materi Perbandingan Trigonometri. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 526–539. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.7089.

Downloads

Published

2021-10-04

How to Cite

Pebriani, N. L. P. P., Japa, I. G. N., & Antara, P. A. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 397–407. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980

Issue

Section

Articles