PENGARUH STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVTY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA

Authors

  • Ida Bagus Indra Kusuma .
  • Drs.I Gusti Ngurah Japa,M.Pd .
  • Drs. Made Sumantri .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3806

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA), (2) mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui perbedaan yang signifikan tentang keterampilan membaca pemahaman antara kelompok siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah SD di Gugus XIII Kecamatan Buleleng.Sampel penelitian ini adalah VA SD Mutiara berjumlah 37 orang (kelompok eksperimen) dan VB SD Mutiara berjumlah 36 orang(kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu tes keterampilan membaca pemahaman. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uj-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan membaca pemahaman siswa kelompok eksperimen dengan X ̅ = 92,30 tergolong kualifikasi sangat baik dan kurva juling negatif yang artinya sebagian besar nilai siswa cenderung tinggi (Mo>Me>M), (2) keterampilan membaca pemahaman siswa kelompok kontrol dengan X ̅ = 73,75 tergolong kualifikasi baik kurva juling positif yang artinya sebagian besar nilai siswa cenderung rendah (Mo ttabel(α=0,05) = 1,980). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.
Kata Kunci : Strategi pembelajaran direct reading thinking activity (DRTA) dan keterampilan membaca pemahaman siswa

This study aims to: (1) describe the reading comprehension skills of students after using the learning strategies of Direct Reading Thinking Activity (DRTA), (2) describe the students' reading comprehension skills afterusing conventional learning models, and (3) find a significant difference on reading skills understanding between groups of students who are learning strategy Direct Reading Thinking Activity (DRTA) and a group of students who are learning with conventional learning models. This research is aquasi experimental study. The population was elementary in Buleleng District Cluster XIII. The sample was VA Mutiara Elementary School totaling 37 people (experimental group) and VB Mutiara Elementary School totaling 36 people (control group). Data collected by the test method tests reading comprehension skills. Data were analyze dusing descriptive statistic alanalysis and t-test. The results showed that: (1) students 'reading comprehension skills of the experimental group with X ̅=92,3 classified as excellent qualifications and squint negative curve, which means most of the studentst end to score higher (Mo>Me>M), (2) students' reading comprehension skills of the control group with X ̅=73,75 relatively good qualifications positive squint curve, which means most of the student stend to be low value(Mo ttabel(α=0,05) = 1,980). Significant difference indicates that the learning strategy Direct Reading Thinking Activity (DRTA) give positive effect on students' reading comprehensionskills.
keyword : Learning strategy direct reading thinking activity (DRTA) and reading comprehension skills of students

Published

2014-08-05

How to Cite

., I. B. I. K., ., D. G. N. J., & ., D. M. S. (2014). PENGARUH STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVTY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3806

Issue

Section

Articles