MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERPENGARUH BERBANTUAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD GUGUS BUDI UTOMO

Authors

  • I Kadek Putra Jaya .
  • Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4417

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran picture and picture dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain yaitu “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014 dari 8 sekolah dasar dan 13 kelas yang berjumlah 453 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu siswa kelas Vb SD N 6 Kesiman yang berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N 8 Kesiman sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Data kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA siswa di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes essay. Tes kemampuan berpikir kreatif siswa diberikan pada saat post test secara tertulis. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa berdasarkan hasil analisis uji-t diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran picture and picture dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014, dengan nilai rata - rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (79,29>74,06) dan hasil analisis uji-t diketahui thitung = 2,02 > ttabel (α = 0.05, 61) = 2.00. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajara IPA siswa kelas V SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Picture and Picture, kemampuan berpikir kreatif siswa

This study aims to determine significant differences creative thinking ability of students that learned through learning models picture and picture with the students that learned using conventional learning in fifth grade elementary school students Force Budi Utomo East Denpasar Academic Year 2013/2014 . The research is a quasi experimental design that is " Nonequivalent Control Group Design " . The study population was all students of class V SD Force Budi Utomo East Denpasar Academic Year 2013/2014 of 8 primary schools and 13 classes totaling 453 students. Samples were taken with a random sampling technique ie Vb elementary grade students Kesiman N 6 of 33 people as the experimental class and fifth grade students of SD N 8 Kesiman as control classes totaling 30 people . Data creative thinking ability of students in science learning of students in the experimental class and the control class collected using essay tests . Tests students' ability to think creatively is given at the time of post-test in writing . Data were analyzed using t-test . The results of this study indicate that based on the results of t-test analysis is known there are significant differences in the students' creative thinking ability of students learning science that learned through learning models picture and picture with the students that learned using conventional learning in fifth grade elementary school students Force Budi Utomo East Denpasar 2013/2014 school year , with a value - average experimental group is higher than control group ( 79.29 > 74.06 ) and the results of t-test analysis is known t = 2.02 > t table ( α = 0:05 , 61 ) = 2:00 . Thus concluded that the learning model picture and picture effect on creative thinking ability of students in fifth grade science students pembelajara SD Force Budi Utomo East Denpasar Academic Year 2013/2014
keyword : creative thinking ability of students

Published

2014-11-07

How to Cite

., I. K. P. J., ., D. I. K. A. P., & ., D. I. W. D. (2014). MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERPENGARUH BERBANTUAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD GUGUS BUDI UTOMO. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4417

Issue

Section

Articles