MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN SETTING NHT BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS VIII ABIANSEMAL

Authors

  • I Nyoman Jana Santhika .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Solving dengan setting NHT dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 222 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. yang diacak adalah kelas. Dari hasil pengundian diperoleh siswa kelas V SD No 4 Sibangkaja sebagai kelompok eksperimen sebanyak 33 orang siswa dan kelas V SD No 3 Sibangkaja sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yakni tes hasil belajar IPA Berupa tes obyektif bentuk pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Solving dengan setting NHT dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 4,605 > ttabel 2,00 dan di dukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Solving dengan setting NHT yaitu 80,036 dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 69,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Solving dengan setting NHT berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata Kunci : model Problem Solving dengan setting NHT, konvensional, hasil belajar IPA.

The purposed of this research was to know the significant of the result of studying science between students who studied by problem solving with settingnumbered head together (NHT) model and students who studied by conventional learning of the fifth grade students of Gugus VIII elementary school Abiansemal academic year 2013/2014. This kind of research was Quasi Experimental that used Nonequivalent Control Group Design plan. The research subjects were 222 students of the fifth grade students of Gugus VIII elementary school Abiansemal in academic year 2013/2014. The samples were taken by random sampling technique. This result was taken from the test that consist od four optionals. The data that had collected was analyzed by Uji-t. The results of the research show that there are significant different of studying science between the group of students who learn by problem solving with setting numbered head together (NHT) model and group students who learn by conventional learning of the fifth grade students of Gugus VIII elementary school Abiansemal in academic year 2013/2014. That is shown by t(count) 4,605 > t(table) 2.00 and it is supported by the different average score which is reached between students who study by problem solving with setting numbered head together (NHT) model that is 80,036 and the students who study by conventional learning is 69,67 so, Ha is accepted. That mean the implementation of problem solving with setting numbered head together (NHT) model could influence to the studying result of the fifth grade students of Gugus VIII elementary school Abiansemal in academic year 2013/2014.
keyword : Problem solving with setting numbered head together (NHT) model, conventional, science studying result.

Published

2015-01-29

How to Cite

., I. N. J. S., ., D. N. N. G. M., & ., D. M. R. K. (2015). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN SETTING NHT BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS VIII ABIANSEMAL. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4536

Issue

Section

Articles