PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKANTKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Muhammad Hasim .
  • I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. .
  • Drs. Ndara Tanggu Renda .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8639

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N 1 Pemaron, pada saat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media gambar seri, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016, (2) meningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD N 1 Pemaron setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media gambar seri, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Pemaron yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Data keaktifan belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan hasil belajar menggunakan metode tes, yang dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media gambar seri, dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N 1 Pemaron tahun pelajaran 2015/2016. Pada pada siklus I keaktifan belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 68,89 dengan kategori cukup aktif dan presentase keaktifan belajar siswa 41,66%, Sedangkan untuk hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 67,36 dengan kategori sedang dan presentase ketuntasan 52,77%. Pada siklus II nilai rata-rata keaktifan meningkat menjadi 87,78 dengan kategori aktif dan presentase keaktifan belajar siswa 97,22%.Sedangkan untuk hasil belajar siswa siklus II juga meningkat menjadi 87,92 dengan kategori tinggi dan presentase ketuntasan 100%. Jika dibandingkan siklus I dan siklus II maka terjadi peningkatakan keaktifan 18,89, sedangkan untuk hasil belajar siswa 20,56 setelah penerpan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media gambar seri.
Kata Kunci : TGT, Keaktifan, hasil belajar IPA

This study aims to: (1) increase the activity of learning in science subjects fifth grade students of SD N 1 Pemaron, at the time of the application of cooperative learning model aided TGT media image series, District Buleleng, Buleleng regency in the school year 2015/2016, (2) improve learning outcomes fifth grade science students SD N 1 Pemaron after the implementation of cooperative learning model aided TGT media image series, District Buleleng, Buleleng regency in the academic year 2015/2016. This research is a classroom action research (PTK) which is designed in two cycles. Subjects in this study were students of class V SD N 1 Pemaron totaling 36 people consisting of 17 male students and 19 female students. Data obtained by the students' learning activeness observation methods and learning outcomes using the test methods, which were analyzed using descriptive statistical methods quantitatively. The results showed that the application of cooperative learning model aided TGT media image series, can enhance the activity and results of study subjects fifth grade science students SD N 1 Pemaron the school year 2015/2016. In the first cycle students 'learning activeness obtained by the average value of 68.98 with a fairly active category and the percentage of students' learning activeness 41.66%, while for the first cycle student learning outcomes obtained by the average value of 67.36 class with category and the percentage 52.77%. In the second cycle the average value of the activity increased to 87.78 with the active category and the percentage of students' learning activeness .Sedangkan 97.22% for the second cycle student learning outcomes also increased to 87.92 with high category and the percentage of 100%. When compared to the first cycle and the second cycle then occurs 18,8 activity and student learning outcomes 20,56 after penerpan cooperative learning model aided TGT image series
keyword : TGT , activeness , learning outcomes IPA

Published

2016-11-01

How to Cite

., M. H., ., I. M. C. W. S. M., & ., D. N. T. R. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKANTKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA . MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i3.8639

Issue

Section

Articles