KONTRIBUSI TINDAKAN KREATIF PADA PENGUASAAN KONSEP SISWA MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING PADA KONTEKS PENGAWETAN APEL

Authors

  • Farisa Nur Azizah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Momo Rosbiono Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.16029

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model PBL (Problem-based Learning) terhadap tindakan kreatif dan penguasaan konsep siswa serta kontribusi tindakan kreatif terhadap penguasaan kosep siswa dalam materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode mix method. Subjek penelitian adalah 34 siswa di kelas XI yang diberikan pembelajaran model PBL. Lokasi penelitian dilakukan di salah satu SMA Negri Tasikmalaya. Data dikumpulkan menggunakan Lembar Pesertadidik (LKP), lembar observasi, tes soal pilihan berganda dan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan diuji statistik menggunakan IBM SPSS statistik 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dampak positif model PBL pada tindakan kreatif siswa. Perbedaan signifikan antara rata-rata skor pretest dan posttest penguasaan konsep (p = 0,000) menunjukkan PBL juga memberikan pengaruh positif terhadap penguasaan konsep siswa. Terdapat kontribusi tindakan kreatif sebesar 8,3% pada penguasaan konsep siswa. Siswa menunjukkan ketertarikannya dengan model PBL sehingga membantunya lebih memahami konsep larutan penyangga

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A., & Isrok. (2016). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemempuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmia,1(1), 871-880.

Afriyani, A. D. N. (2014). Keefektifan pembelajaran TTW dan SGW berbantuan kartu soal terhadap kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1).

Amir, M T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Prenada Media Group.

Arends, R. (2008). Learning to teach: belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Awang, H., & Ramly, I. (2008). Through problem-based learning : pedagogy and practice in the engineering classroom. International Journal of Human and Social Sciences, 18–23.

Amir, M.Taufiq. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Jakarta : Prenada Media Group

Asih, B. (2013). Peningkatan kreativitas belajar IPA melalui strategi problem based lerning (PBL) pada siswa kelas IV SDN Tluwah. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azmi, B. M,. Irzani, & Khusnial, N. L,. (2014) . Efektivitas strategi problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Beta. 7(2), 109-118.

BSNP. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Jakarta: Tim Penerbit.

Dahar, R.W. (1989). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

Dewi, R.S., Haryono, Utomo, S. B. (2013). Upaya peningkatan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa dengan koloid di SMAN 5 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 5−20.

Ebbing, D.D & Gammon, S.D. (2007). General chemistry. ninth edition. new york: Hughton Mifflin Company

Edi, J. (2004). Pengaruh model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar kimia SMA. Tesis: Universitas Negeri Medan.

Fardiaz, D. (2000). Kimia dan analisis pangan dalam perkembangan perdagangan global. Guru Besar Bidang Kimia Pangan Departemen Teknologi Pangan dan Gizi Fakultas Teknologi pertanian-IPB danDeputi Bidang Keamanan Pangan dan Bahan berbahaya Badan POM-RI

Husni, S. (2012). Effect of problem based learning model and motivation learning on learning outcomes in class X SMA Sinar Husni. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana UNIMED.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Haryani, S. (2015). Analisis kemampuan kognitif dan kreativitas siswa melalui model problem based learning pada pengolahan limbah menggunakan lumpur aktif. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Komarudin, D. (2011). Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 278−288.

Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhayati, L., Martini, K. S., & Redjeki, T. (2013). Peningkatan kreativitas dan prestasi belajar pada materi minyak bumi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media crossword, 2(4), 151–158.

Oktaviani, C., Nurmaliah, C., & Mahidin. (2017). Implementasi model problem based learning terhadap kreativitas peserta didik pada materi laju reaksi di SMAN 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 12–19.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103, Pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Prasetyawati, P. (2016). Analisis proses pembelajaran berbasis student centered learning dalam pendekatan saintifik pada mata pelajaran sejarah di SMA negeri se kota Palu. Jurnal Katalogis, 4(10), 130–137.

Pratiwi, Y., Redjeki, T., & Masykuri, M. (2014). Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi redoks kelas X SMA negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pend. Kimia UNS, 3(3).

Rosana, D. (2009). Model pembelajaran lima domain sains dengan pendekatan kontekstual untuk mengembangkan pembelajaran bermakna. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(2).

Rotgans, J. I., & Schmidt, H. G. (2011). Cognitive engagement in the problem based learning classroom. Journal: Adv in Healt Sci Educ, 6, 465–479.

Sari, A., Rudibyani, R., & Efkar, T. (2015). Efektivitas problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi asam basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 1-19.

Sholihah, E. A. (2014). Dampak pembelajaran berbasis masalah pada fenomena korosi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa kelas X SMK. Tesis pada SPs UPI: Tidak diterbitkan.

Silaban, B. (2014). Hubungan antara penguasaan konsep fisika dan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok listrik statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 65–75.

Silalahi, E.K., Silaban, R., & Silalahi, A. (2014). Pengembangan model problem based learning (PBL) terintegrasi inkuiri terbimbing pada pelajaran kimia larutan di sma kelas XI untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan nilai karakter DKMTJ siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan, 06(02).

Sopandi, W & Sutinah, C. (2016). Optimize the increase of students’ conceptual understanding by learning at the zone of proximal development. International Seminar on Science Education Graduate School.

Starko, A.J. (2010). Creativity in the classroom-school of curious delight fourth edition. New York: Routledge

Tan, O. S. (2003). Problem based learning innovation: using problems to power learning in the 21st century. Singapore: Thomson Learning.

Trisdiono, H. (2013). Strategi pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Artikel. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

Tan, O. S. (2009). Problem-based learning and creativity. Singapore: Cengage Learning Asia.

Wulandari, W., Florentina, L., dan Supriyanti, T. (2011). Problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan penyangga. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(2)

Downloads

Published

2019-09-27

Issue

Section

Articles