PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN KIMIA

P. N. Apriliani, I. K. Sudiana, N. M. Wiratini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran remedial mata pelajaran kimia di SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kimia, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa kelas X dan XI MIPA. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Aktivitas yang diteliti terkait pelaksanaan pembelajaran remedial kimia. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru kimia menyusun perencanaan pembelajaran remedial dengan menentukan waktu, metode, dan tujuan pembelajaran remedial kimia, (2) pelaksanaan pembelajaran remedial kimia dilaksanakan pada penilaian harian (PH) dan penilaian akhir tahun (PAT) sedangkan pada penilaian tengah semester (PTS) tidak dilaksanakan, dan (3) penilaian pembelajaran remedial yang diberikan kepada siswa setelah mengikuti remedial pada PH dan PAT tidak melebihi nilai KKM yang telah ditetapkan.

    

 Abstract

This study aimed to describe and explain the implementation of chemistry subject of remedial learning in SMA Negeri 2 Singaraja. This research was a type of phenomenological research in which it belong to a qualitative approach. The subjects in this study were chemistry teachers, vice principals in the curriculum field and students of class X and XI MIPA. The data collection methods which used in this study were observation, interviews and document studies. The technique of checking the validity of the data in this study used source and method of triangulation. The data of this research were analyzed using descriptive qualitative techniques. The results of this study indicated that, (1) the chemistry teacher prepared the remedial learning plan by determining the time, method and purpose of the remedial learning chemistry, (2) the implementation of chemical remedial learning carried out on daily assessment (PH) and final assessment (PAT) while in the middle test (PTS) is not implemented, and (3) the assessment of remedial learning obtained by students after participating in remedial which did not exceed the passing grade criteria (KKM) score that has been set.

 

Keywords


evaluasi hasil belajar; KKM; pembelajaran remedial

Full Text:

PDF

References


Bukhari. (2017). Penerapan Pengajaran Remedial Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 1(1), 11–20.

Chitsa, B. (2016). Remedial Education in Inclusive Secondary Schools in Zimbabwe: Implementaion, Constaints and Opprtunities. International Journal of Multidisciplinary Academic Research, 4(4), 8–14.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pembelajaran Tuntas, Remedial, dan Pengayaan di SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal.

Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hermawati, H., Nurcahyono, N. A., & Setiani, A. (2018). Proses Pelaksanaan Remedial Teaching Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 4(2), 102-106.

Irnidayanti, Y., & Puspitaningrum, R. (2013). Penerapan Program Remedial Dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Universitas Jakarta, 27(2), 187–192.

Jangid, N., & Inda, U. S. (2016). Effectiveness of Remedial Teaching on Thinking Strategies of Slow Learners. International Journal of Indian Psychology, 4(1), 98–105.

Kasran, S. B., Toran, H., & Anur, A. M. Issues and trends in remedial education: what do the teachers say?. Social and Behavioral Sciences, 47, 1597-1604.

Kurnia, R. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II SDN 1 Sedayu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 01, 324–36.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, Fathiyah, K. N., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Qibtiyah, M., Wibowo, Y., & Ratnawati. (2017). Pelaksanaan Program Remedial Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri Se-Kabupaten Sleman. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 02, 381–391.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpk.v3i2.21140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL PENDIDIKAN KIMIA UNDIKSHA IS PUBLISHED BY:

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: http://pendidikankimia.undiksha.ac.id/
Email: jurnalpendidikankimiaundiksha@gmail.com

 

Universitas Pendidikan Ganesha



 

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.