PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA SMA BERBASIS PERCOBAAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID

Ni Putu Radi Widayanti, I Wayan Subagia, I Nyoman Suardana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kimia SMA berbasis percobaan awal dan strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di SMA Negeri 1 Baturiti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonrandomized control group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Baturiti tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Data yang dikumpulkan berupa data hasil belajar pada aspek kognitif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia koloid yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan antara strategi pembelajaran kimia SMA berbasis percobaan awal dan strategi pembelajaran ekspositori. Adanya perbedaan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan antara strategi pembelajaran kimia SMA berbasis percobaan awal pada materi koloid berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Baturiti.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, percobaan awal, hasil belajar, koloid

 

Abstract

This study aimed to describe and explain the difference effect of starter experiment based learning strategy and expository learning strategy on colloidal topik toward students learning achievement in SMA Negeri 1 Baturiti. This study was quasi experiment, using nonrandomized kontrol group pretest-postest design. The population of this study was XI IPA students of SMA Negeri 1 Baturiti in academic year 2017/2018. The sample of this study was XI IPA 2 and XI IPA 3 class students. The data collected was in form of cognitive learning achievement. The method of collecting data was test method. The data obtained were analyzed by using descriptive and inferential statistics. The inferential statistics used was Anacova. The result of this study showed that there was a significant difference of learning achievement possessed by students who were taught by starter experiment based learning strategy compared to the students who were taught by expository learning strategy. The different learning achievement shows that starter experiment based learning strategy has a positve effect on the chemistry learning achievement in SMA Negeri 1 Baturiti.

 

Keyword: starter experiment, learning strategy, chemistry learning achievement, colloid


Full Text:

PDF

References


Ary, D., Lucy C.J., Chris S., dan Asghar R., 2010. Introduction to Research in Education. Edisi ke-8. Canada: Wadsworth Cengage Learning.

Bybe, R.W., Janet C.P,. dan Leslie W.T., 2008. Teaching Secondary School Science: Strategy for Developing Scientific Literacy. Edisi ke-9. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Fazilah, Z., 2015. "Pengaruh Model Pembelajaran NHT dengan Menggunakan Makromedia Flash pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN Krueng Geukueh". Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, Volume 1,

Killen, R., 2007. Efective Teaching Strategies. Edisi ke-4. Australia: Cengage Learning.

Lawson, A. E.,Michael R. A, dan John W.R, 1989. A Theory ofInstruction: Using The Learning Cycleto Teach Science Concepts and Thinking Skills. s.l.:NARST MONOGRAPH.

Mayer, R. E., 2008. Learning and Instruction. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Merta, L. M., 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Penguasaan Konsep Koloid dan Sikap Ilmiah Siswa". Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 46, Nomor 1 (hlm. 9-19).

Nyeneng, I. K., Lasmawan, I. W., dan Dantes, N. (2015). "Pengaruh Model Pendekatan Starter Eksperimen (PSE) Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Sains Siswa SD Gugus VIII Kecamatan Abang". PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Volume 5, Nomor 1 (hlm. 1-10).

Sari, S. M., Sartika, R. P., dan Fitriani, F., 2017. "Pengaruh Model Siklus Belajar 5E pada Praktikum Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Pontianak". AR-RAZI Jurnal Ilmiah. Volume 5, Nomor 1 (hlm. 1-8).

Sastra, I N. E. S. D., 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Percobaan Awal terhadap Hasil Belajar di SMA Negeri 2 Negara. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Kimia, Universitas Pendidikan Ganesha.

Schonherr, J., 1996. "The Starter Experiment Approach (SEA) to Teaching Chemistry and Physics in The Phillippines and Indonesia and The Rest od The World". Science Education International, Volume 7, Nomor 4 (hlm 29-33).

Schunk, D. H., 2012. Learning Theories: An Edcational Perspective. Boston: Pearson.

Subagia, I W. dan I G.L. Wiratma. 2017. Pengembangan Strategi Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Percobaan. Laporan Akhir Penelitian Produk Terapan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Subamia, I. D. P., 2012. "Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Starter Experiment". Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Volume 45. Nomor 1 (hlm 27-37).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Wahyuni, M. T., 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Percobaan Awal terhadap Hasil BelajarKimia Siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Sukasada. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Kimia, Universitas Pendidikan Ganesha.

Wati, R. dan Rusmansyah, A. S., 2014. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin pada Konsep Sistem Koloid”. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sain, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 20-31).

Yasnia, T. M., Melati, H. A., dan Sartika, R. P. (2017). “Pengaruh Model Starter Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.Volume 6, Nomor 3 (hlm. 1-11).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.21161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL PENDIDIKAN KIMIA UNDIKSHA IS PUBLISHED BY:

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: http://pendidikankimia.undiksha.ac.id/
Email: jurnalpendidikankimiaundiksha@gmail.com

 

Universitas Pendidikan Ganesha



 

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.