ANALISIS PENGELOLAAN ALAT DAN BAHAN PRAKTIKUM PADA LABORATORIUM KIMIA DI SMA NEGERI 1 TAMPAKSIRING

Authors

  • Dewa Ayu Kadek Dian Shintya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Ketut Sastrawidana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Wiratini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.21162

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) pengelolaan alat dan bahan praktikum di SMA Negeri 1 Tampaksiring dilihat dari aspek perencaaan, pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, serta pemusnahan alat dan bahan yang rusak, dan (2) hambatan-hambatan yang dialami dalam mengelola alat dan bahan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan alat dan bahan praktikum pada laboratorium kimia belum dilaksanakan dengan optimal, khususnya pada aspek pengadaan, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan pemusnahan, (2) terdapat beberapa hambatan dalam mengelola alat dan bahan praktikum, yaitu a) pada proses pengadaan yaitu keterbatasan dana, b) pada penggunaan yaitu kondisi laboratorium yang digunakan sebagai ruangan kelas, kurangnya waktu, dan keterbatasan alat dan bahan praktikum, c) pada proses pemeliharaan dan inventarisasi yaitu waktu dan tenaga ahli, serta d) pada proses pemusnahan yaitu sulitnya mencari tempat untuk lubang pembuangan dan pemahaman guru yang kurang.

 

Kata kunci: alat dan bahan praktikum, laboratorium kimia, pengelolaan.

 

Abstract

 

This research aimed to describe and explain (1) the management of practicum equipment and materials at SMA Negeri 1 Tampaksiring viewed from the aspects of planning, procuring, utilizing, maintaining, inventoring, and disposing of the broken practicum equipment and materials, and (2) the obstacles in managing practicum equipment and materials. This research was a qualitative research with a phenomenologyy approach. The research data was collected through observation, interviews, and documentation. The results of this research show that (1) the management of practicum equipment and materials has not been implemented optimally, especially in the aspects of procuring, utilizing, maintaining, inventoring, and disposing, (2) there are several obstacles in managing practicum equipment and materials, were a) in procuring prosses is funding, b) in utilizing prosses are laboratory conditions which is used as classroom, lack of time, and the limited practicum equipment and materials, c) in maintaining and inventoring prosses are lack of time and expertise, and d) in disposing prosses are the difficulty of finding a place for drainage holes and lack of understanding of teacher.

 

Keywords: practicum equipment and materials, chemistry laboratory, management

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kopentensi dan Kopetensi Dasar SMA/MA. Jakarta

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdiknas.

Kancono. 2010. Manajemen Laboratorium IPA: Persiapan bagi Pendidik, Mahasiswa, dan Laboran IPA. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB.

Kertiasa, N. 2006. Laboratorium Sekolah dan Pengelolaanya. Bandung: Pudak Scientific.

Lubis, H. M., Suna, R., Refirman, Moedjadi, Wiranto, & Genda, M.

A. 1993. Materi Pokok Pengelolaan Laboratorium IPA; PGPA3930/3SKS. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.

Moran, L., & Masciangioli, T. (Ed.). 2010. Keselamatan dan Keamanan Laboratorium Kimia: Panduan Pengelolaan Bahan Kimia dengan Bijak. Amerika Serikat: The National Academies Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007. Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010. Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Rosada, D., Kadarisman, N., & Raharjo. 2017. Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Jakarta: Kemendikbud.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Warsiti, Ngalim, A., Sumardi. 2013. Pengelolaan Laboratorium Kimia di SMA Negeri 1 Boyolali Tahun 2013. Naskah Publikasi Ilmiah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wiratma, I G. L., & Subagia, I W. 2014. Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota

Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti). Jurnal Pendidikan Indonesia. 3(2) (hal: 425 – 436).

Downloads

Published

2019-09-27

Issue

Section

Articles