ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM PROGRAM FULL DAY SCHOOL

Authors

  • I Ketut Bandem Elyadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Subagia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Siti Maryam Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21181

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pendekatan, metode, model pembelajaran, sumber belajar yang digunakan, dan distribusi waktu belajar siswa dalam program full day school di SMA Negeri Bali Mandara. Subjek dalam penelitian ini adalah RPP, penjadwalan pembelajaran kimia, guru, dan siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, studi dokumen, dan wawancara. Data disajikan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam program full day school di SMA Negeri Bali Mandara, yaitu pendekatan saintifik.

 

(2)  Metode pembelajaran yang digunakan, yaitu tanya jawab, diskusi, presentasi, penugasan, dan praktikum. (3) Model pembelajaran yang digunakan, yaitu inkuiri terbimbing, discovery learning, dan problem based learning. (4) Sumber belajar yang digunakan, yaitu buku paket kimia, internet, video dan e-learning. (5) Waktu pembelajaran kimia dominan dialokasikan pada pagi hari. Implementasi pembelajaran kimia dalam program full day school belum berjalan sesuai dengan kurikulum 2013.

 

Kata kunci: pembelajaran kimia, program full day school, SMA Negeri Bali Mandara.

 

 

ABSTRACT

 

This research aimed to describe and explain the the approaches, methods, learning models, learning resources used, and the distribution of student learning time in the full day school program at Bali Mandara High School. The subjects in this study were lesson plans, scheduling of learning chemistry, teachers, and students. The methods used in data collection are observation, document study, and interview. Data presented with descriptive qualitative. The results of this study are as follows. (1) The learning approach used in the full day school program at Bali Mandara State High School is a scientific approach. (2) Learning methods used, namely question and answer, discussion, presentation, assignment, and practicum. (3) The learning model used, namely guided inquiry, discovery learning, and problem based learning. (4) Learning resources used, namely chemistry textbooks, the internet, video and e-learning. (5) The dominant chemical learning time is allocated in the morning. The implementation of chemistry learning in the full day school program has not run according to the 2013 curriculum.

 

Keywords: chemistry learning, full day school program, Bali Mandara High School.

References

Baharudin. 2009. Pendidikan & Psikologi Perkembangan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Gunarto. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unisulla Press.

Hamalik, O. 2012. Kurikulum dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayah, Nur. 2017. Kesiapan Sekolah dalam Implementasi Program Full Day School (FDS) SD Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. Jurnal JPSD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Volume 4, Nomor 1.

Leasa, Marleny dan Batlolona, John. 2017. Full Day Scool dalam Pembentukan Karakter Siswa SMK N 13 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Universitas Pattimura Ambon , Volulme 6, Nomor 1.

Mukminan. 2013. Kurikulum pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Makalah. LPMP Universitas Negeri Yogyakarta.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naway, F.A. 2016. Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.

Nurdyansyah dan Fahyuni, E. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016a. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Mendikbud RI.

Permendikbud. 2017. Permendikbud Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2017 tentang hari sekolah. Jakarta: Mendikbud.

Rizky, A. A. 2015. “Problematika Pembelajaran System Full Day School Siswa Kelas 1 SDIT AL-Irsyad Tegal.” Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Setiawan, dkk. 2018. Profil Pembelajaran Kimia Berbasis Kurikulum 2013 di Kota Gorontalo dan Kota Surakarta Kelas X Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Inovasil Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. Volume 12, Nomor 1 (hlm 2039-2054).

Setianingtyas, Yosi Dita. 2015. “Implementasi Program Full Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bakti Insani Sleman Yogyakarta.” Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman. 2015. Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. Jurnal Pengembangan Kurikulum Universitas Muhammadiyah Purwekerto, Volume 14, Nomor 1.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Edisi Pertama. Cetakan Ke-1. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta.

Wiratma, I G.L. 2013. “Pengelolaan Pembelajaran Kimia pada SMAN 1 Singaraja dan SMAN 1 Gianyar: Dekontruksi Implementasi Standar Proses”. Disertasi (diterbitkan). Program Studi Kajian Budaya, Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles