ANALISIS MODEL MENTAL SISWA DALAM PENGGUNAAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI TENTANG HIDROKARBON

Authors

  • Vicky Enggy Clovidea Indra Eky Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Tika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Muderawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21183

Abstract

Abstrak

 

 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan model mental siswa tentang konsep-konsep hidrokarbon setelah dibelajarkan melalui penggunaan UKBM di SMA Negeri Bali Mandara. Penelitian ini dilakukan dengan teknik survei, melibatkan 82 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes model mental dua tingkat (two-tier) dengan menggabungkan pilihan ganda dan tes uraian pada materi kimia kelas XI Kurikulum 2013. Analisis data berupa persentase jawaban siswa yang dikategorikan ke dalam empat tipe model mental yakni model mental ilmiah dan model mental alternatif (benar sebagian, miskonsepsi khusus, dan tidak ada tanggapan). Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa model mental siswa tentang konsep-konsep hidrokarbon setelah dibelajarkan melalui penggunaan UKBM di SMA Negeri Bali Mandara adalah 7,32% model mental ilmiah dan 92,69% model mental alternatif, yang terdiri atas 39,94% model mental benar sebagian, 35,37% model mental miskonepsi khusus, dan 17,38% tidak ada tanggapan. Hasil data tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami model mental alternatif karena tidak memiliki pemahaman terkait representasi ketiga level kimia dan interkoneksinya tentang materi hidrokarbon.

 

Kata kunci:  Analisis, Model Mental Siswa, Senyawa Hidrokarbon, UKBM, SMA Negeri Bali Mandara.

 

 

Abstract

 

 This research was quantitative research that aimed to describe student mental model about hydrocarbon concepts after being learned through the use of UKBM at SMA Bali Mandara. The research used survey technique, which 82 students as subject. The data collected through two-tier mental model test by combining multiple choices and description tests on chemistry matter in class XI Curriculum 2013. Analysis of existing data of students categorized in mental models type namely scientifically correct mental model and alternative mental model (partially correct, specific misconceptions, and no response). The results of this study indicate that the student mental model about the hydrocarbons concepts after learning from the use of UKBM at Bali Mandara High School was 7.32% scientifically correct mental model and 92.69% alternative mental model, consisting of 39.94% partially correct mental model, 35.37% specific misconception mental model, and 17.38% no responses. Data results indicate that most students had experience alternative mental models because they do not have an understanding of the representation of the three chemical and interconnected levels of hydrocarbon matter.

 

Keywords: Analysis, Bali Mandara High School, Hydrocarbon Compound, Student’s Mental Model UKBM

References

Abas, N. 2013. Kajian Representasi Sub-Mikroskopik Siswa Tentang Konsep Kelarutan Zat. Jurnal Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

Andari, M. 2012. Analisis Profil Model Mental Siswa SMA dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi pada Topik Larutan Penyangga. Tesis Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung. (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Andhini, R. 2010. Profil Model Mental Siswa Pada Pokok Bahasan Senyawa Hidrokarbon. Bandung: UPI.

Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arviani, V. 2011. Identifikasi Pemahaman Konsep Laju Reaksi Siswa Kelas XI SMA Brawijaya Smart Schoo. http://karya-ilmiah.um.ac.id (diakses tanggal 25 Februari 2018).

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Chandrasegaran, A.L., David F. Treagust, & M. Moecerino. An Evaluation of a Teaching Intervention to Promote Students’ Ability to Use Multiple Levels of Representation When Describing and Explaining Chemical Reactions. Journal Research Science Education. 38: 237-248. Tersedia pada https://www.researchgate.net (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Chang, R. 2005. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi ketiga Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi ketiga Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Devetak, I., Lorber, E. D., Jurisevic, M., Glazar, S. A. 2009. Comparing Slovenian year 8 and year 9 elementary school pupils’ knowledge of electrolyte chemistry and their intrinsic motivation. Journal Chemistry Education Research and Practice. 10: 281–290. Tersedia pada http://www2.pef.uni-lj.si (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta: Kemendikbud.

Eckberg, C.; Zemmer, J.; Reeves, J.; & Ward, C. 1994. An Intermolecular Forces Study using IBMPSL. Journal of Chemical Education, 71(9) A225-A237.

Handayanti, Y., Setiabudi, A., Nahadi. 2015. Analisis Profil Model Mental Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 1(1): 107-122. Tersedia pada http://repository.upi.edu (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Harrison, A. G. & Treagust, D. F. 1999. Learning about Atoms, Molecules, and Chemical Bonds: A Case Study of Multiple-Model Use in Grade 11 Chemistry. Article Science Education. Tersedia pada https://www.researchgate.net (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Jansoon, N., Richard K. Coll, & Ekasith Somsook. 2009. Understanding

Mental Models of Dilution in That Students. International Journal of Environmental & Science Education, 4(2): 147-168. Tersedia pada http://files.eric.ed.gov (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Johnstone, A. H. 1991. Why is Science Difficult to Learn? Things are Seldom What They Seem. Journal of Computer Assisted Learning, 7: 75-83. Tersedia pada https://www.researchgate.net (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Johnstone, A.H. 2006. Chemical Education Research in Glasgow in Perspective. Chemistry Education and Practice. Vol. 7(2): 49–63. Tersedia pada https://pdfs.semanticscholar.org (diakses tanggal tanggal 30 Mei 2017).

Laliyo, L. A. R. 2011. Model Mental Siswa dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vol. 8, No. 1 (hlm 1-10). Tersedia pada http://repository.ung.ac.id (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Luoga, N. E., Ndunguru, P. A., Mkoma, S.L. 2013. High School Students’ Misconceptions About Colligative Properties In Chemistry. Tanzania Journal of Natural & Applied Sciences. 4(1): 575-581

Moore, S.M. & Victorsen, K. 2007. Developing the Conceptual Groundwork Needed to Understand Molecular Motion. Iowa Science Teachers Journal, 34(2):13-17.

Okyasari, R. 2014. Profil Model Mental Siswa SMA pada Materi Sistem Koloid. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia pada http://repository.upi.edu (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Park, E. J. 2006. Student Perception and Conceptual Development as Represented by Student Mental Models of Atomic Structure. Dissertation Presented in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree Doctor of Philosophy in the Graduate School of The Ohio State University. Tersedia pada http://etd.ohiolink.edu (diakses tanggal tanggal 25 Februari 2018).

Pinarbasi, T., Sozbilir, M., Canpolat, N. 2009. Prospecitve Chemistry Teachers’ Misconception About Colligative Properties: Boiling Point Elevation and Freezzing Point Depression. Chemistry Education Reasearch and Practioce. 10: 273-280

Rahayu, S. & Purwanto, J. 2013. Identifikasi Model Mental Siswa SMA Kelas X pada Materi Hukum Newton tentang Gerak. Jurnal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. IX, No. 3 (hlm. 12-20). Tersedia pada http://digilib.uin-suka.ac.id (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Sendur, G., Toprak, M., Pekmez, E. S. 2010. Analyzing of Students’ Misconceptions About Chemical Equilibrium. Paper on International Conference on New Trends in Education and Their Implications. Antalya-Turkey. Tersedia pada http://conference.pixel-online.net. (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.

Suja, I W. 2015. Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia dalam Memahami Bahan Kajian Stereokimia. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 4, No.2 (hlm. 625-638). Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Sukardi. 2010. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Suparsom, Sakri. 2015. Grade 12 Students’ Conceptual Understanding and Mental Models of Galvanic Cells Before and After Leraning By Using Small-Scale Experiments in Conjunction with A Model Kit. Chemistry Education Research and Practice 16: 393-407

Unal, S. , Calik, M, Ayas, A. and Coll R.K. (2006) A Review of Chemical Bonding Studies: Needs, Aims, Methids of Exploring Students’ Conceptions, General Knowledge Claims and Studenst’ Alternative Conceptions, Research in Science and Technological Education , 24, 141-172.

Wang, Ch. Y. 2007. The Role of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, and Mental Models in General Chemistry Students’ Understanding about Molecular Polarity. A Dissertation presented to the Faculty of the Graduate School University of Missouri Columbia. Tersedia pada https://mospace.umsystem.edu (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Whitten, K.W., Raymond E. Davis, Larry Peck, & George G, Stanley. 2004. General Chemistry Seventh Edition. Amerika: Brooks Cole.

Wiji., Liliasari., Sopandi, W., Muhammad, A. K. 2014. Kemampuan Berpikir Logis dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 33(1): 147-156. Tersedia pada http://repository.upi.edu (diakses tanggal 25 Februari 2018).

Downloads

Published

2018-04-30

Issue

Section

Articles