MEREDUKSI MISKONSEPSI MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)

Authors

  • Widyo Wati Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Novita Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32399

Keywords:

Miskonsepsi, kesetimbangan kimia, strategi PDEODE, keterlaksanaan, aktivitas

Abstract

Miskonsepsi banyak terjadi pada proses pembelajaran kimia di SMA, hal ini dikarenakan proses pembelajaran kimia yang cenderung menekankan pada peran aktif siswa untuk menemukan dan mencoba berbagai hal untuk membuktikan suatu fenomena yang ada. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan, aktivitas serta mengetahui perbedaan miskonsepsi peserta didik setelah strategi PDEODE diterapkan.Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pra-eksperimen dengan desain “One Group Pretest Posttest”.Subjekyang terlibat dalam penelitian ini yakni 25 orang siswa sekolah menengah atas.Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes berupa three tier diagnostic test yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus pergeseran miskonsepsi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Kertaksanaan pembelajaran menggunakan strategi PDEODEsangat baik dengan persentase pertemuan pertama sebesar 96,75 %, dan pada pertemuan kedua sebesar 99,30 %. Selanjutnya pada aktivitas peserta didik secara keseluruhan sangat baik dengan persentase yang diperoleh pada pertemuan pertamasebesar  99,2%, dan pada pertemuan kedua sebesar 100%. Hasil selanjutnya juga menunjukkan bahwa miskonsepsi peserta didik terreduksi sangat baik dengan persentase pergeseran miskonsepsi pada konsep suhu sebesar 98,50%, pada konsep konsentrasi sebesar 94,11%, dan pada konsep tekanan dan volume sebesar 96,96 %. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PDEODE sangat baik dan efektif digunakan dalam mereduksi miskonsepsi peserta didik karena mampu mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan kimia kearah positif.

References

Adi, Y. K., & Oktaviani, N. M. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Siswa Sd Pada Materi Life Processes and Living Things. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 91–104. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7988.

Aini, F. Q., Fitriza, Z., Gazali, F., Mawardi, M., & Priscylio, G. (2019). Perkembangan Model Mental Mahasiswa pada Penggunaan Bahan Ajar Kesetimbangan Kimia berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 40. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/323.

Alek, S., Tandililing, E., & Hamdani. (2019). Remediasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe- Discuss-Explain Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(7), 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33757/75676581852.

Alfitrah, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Adobe Flash Proffesional Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kimia Larutan. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.8373.

Asyhari, A., & Hariyanti, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Integrative Learning (Il) Dan Predict, Discus, Explain, Observe, Discuss (Pdeode) Terhadap Pemahaman Konsep. Khazanah Pendidikan Islam, 2(1), 43–51. https://doi.org/10.15575/kp.v2i1.8387.

Cahyanto, A. D., & Sitompul, S. S. (2018). Implementasi Model PDEODE Berbantuan Phet Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/23796.

Chandra, A., Suhartono, S., & Fitriani, E. (2019). Penggunaan Peta Konsep Sebagai Instrumen Penilaian Terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PDEODE Pada Materi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/JRPK.091.01.

Clorawati, A. R., Rohiat, S., & Amir, H. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di Sma Negeri Sekota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 1(2). https://doi.org/10.33369/atp.v1i2.3535.

Dewi, S. Z., & Suhandi, A. (2017). Penerapan Strategi Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (PDEODE) Pada Pembelajaran IPA SD Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Menurunkan Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 12. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5118.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061.

Ernawati, E., Andriani, S., Farida, F., & Sri Anggoro, B. (2019). Analisis Miskonsepsi Matematis: Dampak Strategi Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 259–269. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4862.

Erza, F, & Nasrudin, H. (2017). Capaian Keterlaksanaan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (Pdeode) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas Xi Sman 1 Krembung Sidoarjo (the Achievement of Predict Discuss Explain Observe Discuss Explai. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 190–195. https://doi.org/10.26740/ujced.v6n2.p%25p.

Erza, Farizzatul, & Nasrudin, H. (2017). Capaian Keterlaksanaan Strategi Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 1 Krembung Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 190–195. https://doi.org/10.26740/ujced.v6n2.p%25p.

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924.

Helsy, I., & Andriyani, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Multipel Representasi Kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 2(1), 104–108. https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1365.

Hidayah, R., Fajaroh, F. R., & Erika, N. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning Pada Pembelajaran Kimia di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1016.

Indriyani, R., Sitompul, S. S., & Mursyid, S. (2021). Remediasi Miskonsepsi Peserta Didik Tentang Getaran Menggunakan Model Pembelajaran Pdeode Berbantuan Labinapp Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/44873/75676588292.

Kusnadi, K., Hamdiyati, Y., & Azkya, A. (2018). Penerapan Model Belajar Pdeode (Predict-Discuss-Explainobserve- Discuss-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3184.

Kustiarini, F. T., Susanti VH, E., & Saputro, A. N. C. (2019). Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 171. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.25236.

Mardiana, S., & Sumiyatun, S. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Negeri 1 Metro. Historia, 5(1), 45. https://doi.org/10.24127/hj.v5i1.732.

Mas’udah, U., Surahmat, & Nursit, I. (2019). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Pdeode (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTS Al-Ihsan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(2), 291–299. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/2540.

Mentari, L., Suardana, I. N., & Subagia, I. W. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa Sma Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 1(1). https://doi.org/ 10.23887/jjpk.v1i1.3975.

Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944.

Muzyanah, S., Asmaningrum, H. P., & Buyang, Y. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran Kimia. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 033–045. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i1.949.

Ning, R. (2020). Kimia Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Kartu Spu. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(17). https://doi.org/10.54211/trisala.v2i17.152.

Priyasmika, R. (2021). The Effect of Multiple Representation-Based Guided Inquiry on Learning Outcomes Reviewed from Scientific Thinking Skills. Jurnal Kimia Dan Pendidikan, 6(1). https://doi.org/ 10.30870/educhemia.v6i1.8985.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824/8934.

Riduwan, & Sunarto. (2017). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. In Alfabeta, Bandung.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059.

Samsudin, A., Nurliani, R., Kaniawati, I., & Suhandi, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis PDEODEE Tasks pada Konsep Tekanan Hidrostatis. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(1), 113. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i1.15811.

Suyatman, & Taher, T. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI Madrasah Aliha negeri1 (MAN 1) Lampung Timur dalam Mempelajari Pokok Bahasan Termokimia. JIPK: Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2619–2628.https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/21629.

Tika, eli yus. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Teleskop Reflektor Berbasis Model PDEODE. Jurnal Pendidikan Fisika.

Yamtinah, S., Indriyanti, N. Y., Saputro, S., Mulyani, S., Ulfa, M., Mahardiani, L., Satriana, T., & Shidiq, A. S. (2019). The identification and analysis of students’ misconception in chemical equilibrium using computerized two-tier multiple-choice instrument. Journal of Physics: Conference Series, 11(57). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042015.

Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Handayani, F., & Legi, W. F. (2017). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1), 85. https://doi.org/10.31958/js.v8i1.444.

Zulkarnain, Z., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Preparing Dong Concluding. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 96. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1321.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles