PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI DAYA HANTAR LISTRIK LARUTAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32705Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, Predict-Observe-Explain, Berpikir Kritis.Abstract
Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik.Adanya pandangan negative mengenai pembelajaran kimia serta kurangnya penggunaan media oleh guru berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran kimia. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi Daya Hantar Listrik Larutan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model 4D (define, design, develop, dissiminate). Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 12 orang siswa SMA.Pengumpulan data dalam penelitian dilakan dengan dilakukan dengan menggunakan metode validasi, observasi, tes, serta angket. Sedangkan instrumen yang dipakai antara lain lembar telaah, validasi, aktivitas peserta didik, tes tertulis (pretest dan posttest), keterlaksanaan model pembelajaran serta angket respon peserta didik. Data dari hasil penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, dimana hasil penilaian dan masukan dari para dosen digunakan untuk perbaikan LKPD yang telah dikembangkan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada komponen isi LKPD berbasis POE memperoleh hasil validitas sebesar 89,44% dengan kategori sangat valid, komponen penyajian memperoleh hasil 86% dengan kategori sangat valid, komponen kebahasaan memperoleh hasil 82,5% dengan kategori sangat valid, serta komponen kegrafikan memperoleh hasil 82,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model POE sangat valid untuk dikembangkan dan dibelajar kepada peserta didik, kususnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran kimia.
References
Ain, Q., & Mitarlis. (2020). Pengembangan LKPD Berorientasi Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Unesa Journal of Chemical Education, 9(3), 397–406. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/36571/32459
Alfiyanti, I. F., Budi, J., & Wasis. (2020). The Effectiveness of Predict Observe Explain (POE) Model with phET to Improve Critical Thinking Skills of Senior High School Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.46627/silet
Algiranto, S., & Marzuki, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model POE (Predict, Observe, Explain) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Fisika Siswa SMA Muhammadiyah Imogiri. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 23–27. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7364
Amaliyah, M., & Harun, N. (2019). Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Strategi Predict Observe Explain (POE) pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 11 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education Education, 8(3), 313–319. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/30530/27822
Anggraini, S. A. P., Lesmono, A. D., & Handono, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Berbasis POE Materi Gerak Harmonis Sederhana di MAN. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017, 2(1), 1–7.
Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Kesetimbangan Kelarutan XI MIA SMAN 2 Labuapi Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice, 1(2), 27–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/cep.v1i2.956
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Basir, S. A., Muharram, & Muhammad, D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Strategi POE pada Materi Pokok Asam Basa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 115–124. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5615
Chairani, P. R., & Muchlis. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI di MAN 1 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education, 8(1), 16–21. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journal-ofchemical-education/article/view/27049/24757
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. https://education.illinois.edu/docs/default-source/faculty-documents/robert-ennis/thenatureofcriticalthinking_51711_000.pdf?sfvrsn=7bb51288_2
Fernanda, A., Haryani, S., Prasetya, A. T., & Hilmi, M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Peyangga dengan Model Pembelajaran Predict Observe Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2326–2336.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement Verus Traditional Methods: A six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physic Coures. Journal of Physic, 66. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1119/1.18809
Hamdani, M., Baskoro, A. P., & Puguh, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412/25445
Hamidah, N., Sri, H., & Sri, W. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212–2223. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/746
Islamiyah, B. M., Syarifa, W. A. I., & Yunita, A. S. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Chemistry Education Practice, 2(2), 14–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/cep.v2i2.1294
Istiqomah, N., Bambang, S., & Lailatul, N. (2019). Analisis Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Menggunakan LKS Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Berbantu PHeT Simulation. Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP Universitas Jember, 8(4), 248–255. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15233
Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Studi Agama, 5(1), 17–26. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3028
Nieveen, N., Tjeerd, P., Akker, J., Bannan, B., & Kelly, A. E. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development.
Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.03211
Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar pada Jenjang Dikdasmen. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.
Putri, D. S., Dewa, P. N., & Ismu, W. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict Observe Explain pada Mata Pelajaran Fisika SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 161–174. http://repository.lppm.unila.ac.id/12605/
Rahmatullah, M., J., I., P., A., & Ahmad, R. (2020). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran POE dan STAD. Jurnal Pijar MIPA, 15(4), 416–423. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v15i4.2092
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Setiawan, R., Suharto, B., & Iriani, R. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemistry and Education, 1(1), 143–150.
Sugiyarti, L., Alrahmat, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184/6600
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). The Effectiveness of Inquiry-Based Module to Empower the Students Critical Thinking Skills. Andvances in Social Science, Education and Humanities Research, 218, 141–148. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/icomse-17.2018.25
Ummi, H. U., & Mulyaningsih, I. (2016). Penerapan Teori Konstruktivik pada Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Syekh Nurjati. Journal Indonesian Language and Literature, 1(2), 42–52. https://doi.org/10.24235/ileal.v1i2.600
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.