Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Penuntun Pada Materi Korosi Untuk Kelas XII SMA/MA

Authors

  • Iffa Hanifah Mardian Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i1.40605

Abstract

Pendidikan saat ini menuntut adanya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, untuk itu dapat digunakan pertanyaan penuntun yang dapat mengarahkan peserta didik menemukan konsep dalam pembelajaran sehingga peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan penyebaran angket yang dilakukan terhadap peserta didik di SMAN 1 Lubuk Alung diperoleh data bahwa sebanyak 54% peserta didik kesulitan dalam memahami materi korosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menentukan tingkat validitas dari PowerPoint-iSpring materi korosi yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian Plomp menggunakan instrumen berupa lembar validitas dan lembar wawancara. Hasil analisis lembar validasi dengan menggunakan formula aiken’s V menunjukkan skor rata-rata validitas konten sebesar 0,83 dengan kategori valid dan skor rata-rata validitas konstruk sebesar 0,85 dengan kategori valid. Hasil analisis lembar validasi untuk validasi oleh ahli media menunjukkan skor rata-rata sebesar 0,92 dengan kategori valid. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan penuntun pada materi korosi sudah valid.

Published

2022-01-20

Issue

Section

Articles