Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Asam Dan Basa Kelas XI SMA/MA

Authors

  • manja azhari azhari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i1.40702

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengembangkan permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi asam dan basa kelas XI SMA/MA dan menentukan validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah educational design research dengan model pengembangan plomp yang terdiri atas 3 tahap, yaitu (a) preliminary research; (b) prototyping stage; (c) assessment phase. Uji validitas permainan ular tangga kimia berbasis android dilakukan oleh dua orang dosen kimia FMIPA UNP, tiga orang dosen teknik informatika FT UNP, dan tiga orang guru kimia. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan enam orang peserta didik kelas XII SMAN 13 Padang tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas dan praktikalitas. Hasil validitas konten dan konstruk permainan ular tangga kimia berbasis android dianalisis menggunakan formula Aiken’s V dan praktikalitas dianalisis menggunakan formula persentase. Dari hasil analisis data diperoleh nilai Aiken’s V untuk validitas konten, validitas konstruk dan validitas media secara keseluruhan berada pada kategori valid. Hasil analisis data praktikalitas guru dan peserta didik secara keseluruhan berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpukan bahwa permainan ular tangga kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi asam dan basa kelas XI SMA/MA yang dikembangkan telah valid dan praktis.

Published

2022-01-20

Issue

Section

Articles