Efektivitas Penggunaan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Video Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Pulau-pulau Batu

Authors

  • Dinar Rosanti Sarumaha
  • Andromeda - Andromeda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i2.40715

Keywords:

Efektivitas, e-modul, larutan penyangga, inkuiri terbimbing, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari pengembangan e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing yang telah diuji validitas dan praktikalitas, namun belum diuji efektivitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Pulau-pulau Batu. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Pulau-pulau Batu tahun ajaran 2020/2021 dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel yakni sampling jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dalam bentuk pilihan berganda dengan validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal dan daya pembeda soal memiliki kriteria baik. Tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum diketahui melalui uji N-Gain. Hasil analisis N-Gain kelas sampel diperoleh yakni nilai g = 0,55 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi video praktikum efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Pulau-pulau Batu. 

Kata Kunci: efektivitas, e-modul, larutan penyangga, inkuiri terbimbing, hasil belajar.

Author Biography

Dinar Rosanti Sarumaha

Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang

Downloads

Published

2022-11-21

Issue

Section

Articles