Validitas Konten Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Model Rasch

Authors

  • Tari Gustiana Putri Universitas Negeri Padang
  • Eka Yusmaita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i1.40728

Keywords:

Literasi Kimia, MER, Model Rasch

Abstract

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa Ujian Nasional dihapuskan dan digantikan  dengan Asesmen Nasional. Asesmen Nasional menilai literasi, numerasi, dan karakter peserta didik. Salah satu literasi yang diperlukan oleh peserta didik adalah literasi kimia. Dengan adanya butir soal literasi kimia dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi kimia peserta didik serta dapat membantu peserta didik dalam memecahkan masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan desain Model of Educational Reconstruction (MER). Uji validitas konten dilakukan oleh lima orang validator dan dianalisis menggunakan pemodelan Rasch menggunakan aplikasi minifac. Hasil analisis validitas konten menunjukkan hasil persetujuan (exact agreements) sebesar 80,1% dengan perkiraan persetujuan (expected agreements) sebesar 80,7%. Hasil ini menunjukkan bahwa butir soal literasi kimia memiliki kategori valid.



Author Biographies

Tari Gustiana Putri, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Kimia

Eka Yusmaita, Universitas Negeri Padang

Pendidikan Kimia

References

Duit, R., Gropengierber, H., Kattmann, U., Komorek, M., Parchmann, I. (2012). The Model of Educational Reconstruction – a framework for improving teaching and learning science. Science Research and Practice in Europe: Retrospective and Prospective, 13-37. https://doi.org/10.13140/2.1.2848.6720

Muntholib, Mauliya, A. H., Utomo, Y., & Ibnu, M. S. (2020). Assessing high school student’s chemical literacy on salt hydrolysis. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 456(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/456/1/012065

Niebert, K., & Gropengießer, H. (2013). The model of educational reconstruction: A framework for the design of theory-based content specific interventions. The example of climate change. Educational Design Research – Part B: Illustrative Cases, 511–532.

OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86

Rizki, M., & Yusmaita, E. (2021). Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Model Rasch. Edukimia, 3(2), 121–134.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Widarti, H. R., & Malang, U. N. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional ( Asesmen Kompetensi Minimum , Survey Karakter , Dan Survey Lingkungan Belajar ). Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4, 61–71.

Shwartz, Y., Ben-zvi, R., & Hofstein, A. (2006). The use of scientific literacy taxonomy for assessing the development of chemical literacy among high-school students. 7(4), 203–225.

Sumintono, B. (2014). Model Rasch untuk Penelitian Sosial Kuantitatif. Makalah Kuliah Umum Di Jurusan Statistika, ITS Surabaya, 21 November 2014, November 201, 1–9.

Syarifa, S., Masykuri, M., & Gilang, D. (2019). Content validity uses Rasch model on computerized testlet instrument to measure chemical literacy capabilities Content Validity Uses Rasch Model on Computerized Testlet Instrument to Measure Chemical Literacy Capabilities. 020023(December).

Thummathong, R., & Thathong, K. (2018). Chemical literacy levels of engineering students in Northeastern Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 478–487. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.06.009

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253

Yusmaita, E., & Nasra, E. (2017). Perancangan Assesmen Literasi Kimia Dengan Menggunakan Model of Educational Rekonstruction (Mer) Pada Tema: “Air Sebagai Pelarut Universal.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 49. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.66

Published

2022-04-04

Issue

Section

Articles