Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Green Chemistry pada Praktikum Laju Reaksi di Laboratorium SMA

Authors

  • Farah Attiyah Nurrahmah Universitas Sriwijaya
  • Effendi Nawawi Universitas Sriwijaya
  • Hidayah SMAN 1 Indralaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.59083

Abstract

Penelitian yang dilakukan menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Green Chemistry pada praktikum laju reaksi di laboratorium SMA yang telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Indralaya dengan melibatkan 33 peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif Tessmer dengan tahapan self evaluation, expert review, one to one, small group dan field test. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada peneliian ini yaitu wawancara, angket dan tes hasil belajar. Uji validitas pada tahap expert review memperoleh hasil kategori tinggi pada ketiga aspek, yaitu materi, desain, dan pedagogik masing-masing dengan nilai 0,875 ; 0,868 ; 0,874 yang sesuai dengan pada kriteria kevalidan Aiken’s. Pada tahap one to one berdasarkan kategori praktikalitas diperoleh nilai rerata sebesar 91,6 (sangat praktis) dan pada tahap small group diperoleh nilai rerata sebesar 94,81 (sangat praktis). Pada tahap field test diperoleh nilai gain score sebesar 0,90 (tinggi). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa LKPD berbasis Green Chemistry pada praktikum laju reaksi di laboratorium SMA memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Kata Kunci: penelitian pengembangan, LKPD, green chemistry, praktikum

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles