Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis LSLC pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 14 Padang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.59125Abstract
Kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang sampai saat ini wajib dipelajari pada tingkat SMA. Berdasarkan data hasil wawancara beberapa guru kimia di SMA 14 Padang menyatakan materi kesetimbangan kimia masih sukar dipahami oleh siswa yang mana pembelajaran disekolah masih berpusat pada guru (teacher-centered). Solusinya diterapkan model GDL berbasis LSLC untuk mendorong keaktifan siswa serta meningkatkan kualitas dan memperbaiki jalannya suatu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar siswa, yang dijalankan secara eksperimen semu. Hasil penelitian data terdistribusi normal dan homogen, maka uji hipotesis yang dilakukan adalah uji-t dengan diperoleh 0,03 < 0,05. Artinya, hasil belajar dengan materi kesetimbangan kimia kepada siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model GDL berbasis LSLC lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menerapkan model GDL tanpa LSLC.
Kata Kunci: kesetimbangan kimia, GDL, LSLC, hasil belajar, ekperimen semu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.