Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Mananggu
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.59726Abstract
Kesulitan siswa dalam memahami materi Kimia yang berkaitan dengan konsep Termokimia tidak dapat diatasi dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi termokimia di SMA Negeri 1 Mananggu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi Experiment Design dengan menguji kemampuan subyek siswa kelas XI melalui pre-test dan post-test control design. Hasil uji validitas tes sebanyak 20 soal menunjukkan reliabilitas yang tinggi sebesar 0,859. Hasil analisis data menggunakan uji “t” diperoleh nilai thitung = 31,62 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan = 0,05 (dk=48) adalah 1,67, maka nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada meteri termokimia di SMA Negeri 1 Mananggu.
Kata Kunci: pembelajaran discovery learning, pemahaman konsep, termokimia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.