Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Termokimia di SMA Negeri 1 Mananggu

Authors

  • Sri Andrawati Biya Universitas Negeri Gorontalo
  • Ishak Isa Universitas Negeri Gorontalo
  • Lukman A.R. Laliyo Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.59726

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami materi Kimia yang berkaitan dengan konsep Termokimia tidak dapat diatasi dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi termokimia di SMA Negeri 1 Mananggu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi Experiment Design dengan menguji kemampuan subyek siswa kelas XI melalui pre-test dan post-test control design. Hasil uji validitas tes sebanyak 20 soal menunjukkan reliabilitas yang tinggi sebesar 0,859. Hasil analisis data menggunakan uji “t” diperoleh nilai thitung = 31,62 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan = 0,05 (dk=48) adalah 1,67, maka nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada meteri termokimia di SMA Negeri 1 Mananggu.

Kata Kunci: pembelajaran discovery learning, pemahaman konsep, termokimia

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles