Pengembangan Instrumen Evaluasi untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Asam-Basa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.60053Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa dan mengetahui kelayakan instrumen evaluasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Sampel dalam penelitian, yaitu 36 siswa kelas XI A di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian memberikan produk akhir berupa 25 soal yang baik dari rancangan awal produk 40 butir. Butir dikatakan baik karena telah valid dan memiliki nilai reliabilitas 0.815 dengan kategori sangat tinggi. Daya pembeda dengan persentase 94% kategori baik, dan 47% tingkat kesukaran soal pada kategori sedang. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa mencapai 42% dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari persentase jawaban pada soal level kognitif menganalisis (C4) sebesar 36%, mengevaluasi (C5) sebesar 52%, dan mengkreasi (C6) sebesar 12%.
Kata Kunci: instrumen evaluasi, keterampilan berpikir tingkat tinggi, asam-basa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.