Pengembangan Instrumen Evaluasi untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Asam-Basa

Authors

  • Salsabila Hirza Universitas Negeri Medan
  • Zainuddin Muchtar Universitas Negeri Medan
  • Ani Sutiani Universitas Negeri Medan
  • Ratu Evina Dibyantini Universitas Negeri Medan
  • Marudut Sinaga Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.60053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi asam basa dan mengetahui kelayakan instrumen evaluasi yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Sampel dalam penelitian, yaitu 36 siswa kelas XI A di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian memberikan produk akhir berupa 25 soal yang baik dari rancangan awal produk 40 butir. Butir dikatakan baik karena telah valid dan memiliki nilai reliabilitas 0.815 dengan kategori sangat tinggi. Daya pembeda dengan persentase 94% kategori baik, dan 47% tingkat kesukaran soal pada kategori sedang. Keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa mencapai 42% dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari persentase jawaban pada soal level kognitif menganalisis (C4) sebesar 36%, mengevaluasi (C5) sebesar 52%, dan mengkreasi (C6) sebesar 12%.

Kata Kunci: instrumen evaluasi, keterampilan berpikir tingkat tinggi, asam-basa

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles