E-LKPD Kimia Berbasis STEM dengan Muatan Etnosains untuk Meningkatkan Model Mental Kimia pada Materi Laju Reaksi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i1.60208Abstract
Pembelajaran kimia bermuara pada kemampuan peserta didik untuk membangun model mental tentang konsep-konsep kimia yang dipelajarinya, yang bermanfaat untuk menjelaskan atau memprediksi fenomena kimia dan memecahkan permasalahan yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan e-LKPD Kimia berbasis STEM dengan muatan etnosains yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental kimia peserta didik. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model 4D yang dibatasi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu define, design dan develop. Teknik pengumpulan data mengacu pada tahap model pengembangan 4D meliputi penyebaran angket pada tahap define, studi pustaka dan analisis dokumen pada tahap design, dan tes tulis pada tahap develop. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan menyajikan N-gain skor ternormalisasi yang diperoleh dari data pretest dan posttest. Rerata skor N-gain model mental kimia siswa kelas XI IPA sebesar 0,76, termasuk kategori tinggi. Model mental ilmiah atau model konseptual di kelas XI IPA mengalami kenaikan sebesar 56,18% dari 21,76% menjadi 77,94%. Proporsi nilai model mental kimia peserta didik lebih dari 75%. Hasil tersebut menunjukkan e-LKPD berbasis STEM dengan muatan etnosains tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental kimia peserta didik. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan model mental kimia.
Kata Kunci: E-LKPD Kimia, STEM, etnosains, model mental kimia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.