Pengaruh Sikap (Attitude) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kimia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i2.64641Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia di SMA NEGERI 6 Pekanbaru. Populasi penelitian berjumlah 669 orang dengan perolehan sampel sebesar 251 responden. Instrumen penelitian terdiri dari angket kuesioner berisi beberapa pernyataan menggunakan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil pengaruh sikap terhadap hasil belajar yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel sikap terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil hubungan sikap terhadap hasil belajar adalah r=0,468 yang berada di antara 0,410 – 0,600 dapat disimpulkan bahwa keeratan hubungan antara sikap terhadap hasil belajar pada kategori sedang. Perbedaan sikap dan hasil belajar berdasarkan demografi jenis kelamin, tingkatan kelas dan pekerjaan orang tua peserta didik yaitu menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa sikap sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar.
Kata kunci: Pengaruh, Demografi, Sikap, Hasil Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.