Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA PGRI 1 Jombang pada Materi Asam Basa Ditinjau dari Perbedaan Gender

Authors

  • Syandifa Rohadlotul 'Aisy UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v7i2.67356

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk memahami materi asam basa, karena merupakan topik yang kompleks, abstrak dan menimbulkan banyak miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan pada materi asam basa; 2.) mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan pada materi asam basa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan ex-post facto comparative. Instrumen soal tes yang digunakan berupa 15 butir soal uraian sesuai dengan indikator keterampilan berpikir kritis serta termasuk kategori level taksonomi bloom C4, C5 dan C6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) Terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa laki-laki lebih rendah yaitu 24 dan perempuan lebih tinggi yaitu 29. 2.) Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Perbedaan hasil lebih dipengaruhi faktor eksternal

Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Gender, Asam Basa

Downloads

Published

2023-11-23

Issue

Section

Articles