Peningkatan Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Berbasis Video Animasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v8i1.77698Abstract
Motivasi belajar siswa adalah ekspresi mental yang mendesak mereka untuk menjadi dinamis dan mengambil bagian dalam pertemuan yang instruktif. Hal ini menjadi dorongan bagi siswa untuk terus belajar dengan tekun untuk mencapai target belajar yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana penerapan model pembelajaran tutor sebaya berbasis media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi kinemaster di SMAN 61 jakarta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi hukum dasar kimia. Tinjauan ini menggunakan metodologi ekspresif kuantitatif dengan rencana penelitian pre-non-test dan post-non-tes satu kelompok, yang merupakan strategi yang menghasilkan informasi sebagai skala likert melalui survei siswa. Hasil uji informasi lanjutan bahwa menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tutor sebaya berbantuan media pembelajaran video animasi pada materi hukum dasar kimia di SMAN 61 jakarta efektif meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia. Hasil rerata N-Gain sebesar 0,36 menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis media animasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.