Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Termokimia Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v8i2.80519Abstract
Dalam pembelajaran peserta didik diharapkan paham dengan baik tentang apa yang dipelajarinya. Ketika pemahaman peserta didik baik maka pembelajaran akan maksimal. Dalam pembelajaran kimia, keterampilan proses sains dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pemikirannya sehingga dapat membuktikan teori yang telah dipelajarinya dan pembelajaran jadi maksimal. Nyatanya keterampilan proses sains peserta didik masih tergolong rendah sehingga berdampak pada kesulitan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran dengan baik. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik khususnya dikelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran attention, relevance, confidence, and satisfaction (ARCS). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil dari penelitian ini didapatkan dari hasil analisis data secara deskripstif pada lembar pengamatan. Aspek mengamati sebesar 84,52% dengan kurang lebih 27 peserta didik. Aspek meramalkan sebesar 84,72% dengan kurang lebih 29 peserta didik. Aspek berhipotesis sebesar 77,87% dengan kurang lebih 25 peserta didik. Aspek melakukan percobaan sebesar 97,22% dengan kurang lebih 36 peserta didik. Aspek mengkomunikasikan sebesar 79,96% dengan kurang lebih 24 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran ARCS mampu meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.