Literature Review: Improving Science Literacy Skills Through Chemistry Learning Media

Authors

  • m andre bintang kurniawan universitas riau
  • Asmadi M. Noer Universitas Riau
  • Rasmiwetti Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v8i2.81109

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA Madrasah Aliyah Syekh Yusuf pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen dan menggunakan desain posttest-only control group. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA dengan jumlah dua kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik diperoleh nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis kelompok eksperimen yaitu 78.5, lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 68.9. Hasil analisis statistik inferensial terhadap hasil tes keterampilan berpikir kritis peserta didik menunjukkan bahwa data terdistribusi normal serta kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berasal dari populasi yang homogen sehingga uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Dari data hasil analisis tersebut memperlihatkan thitung (3.66) > ttabel (2.001). Kemudian dilakukan juga uji signifikansi dengan menggunakan uji Effect Size dan di peroleh hasil uji signifikansi dengan nilai d sebesar 0.94 dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA Madrasah Aliyah Syekh Yusuf pada materi pokok laju reaksi.

Downloads

Published

2024-12-27

Issue

Section

Articles