PENGEMBANGAN COURSEWARE DIGITAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA TOPIK HIDROKARBON
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.9967Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan courseware digital learning yang dapat meningkatkan kemampuan generik sains dan penguasaan konsep siswa pada topik hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) ) yang terbatas hingga tahap studi pendahuluan. Studi pendahuluan tersebut meliputi studi literatur dan pengembangan produk awal. Pada tahap studi literatur dilakukan kajian terhadap berbagai courseware digital learning pada topik hidrokarbon yang telah tersedia. Sementara itu, berdasarkan hasil studi literatur, pada tahap pengembangan produk awal, dilakukan analisis, desain, produksi, validasi dan revisi produk. Penelitian ini menghasilkan suatu courseware materi hidrokarbon yang didesain untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dari courseware yang sudah ada sebelumnya khususnya pada topik hidrokarbon dalam sisi keinteraktifan. Sejumlah bentuk interaksi dapat dimunculkan melalui courseware seperti tutorial dan drill&practise. Siswa dimungkinkan untuk memberikan respon, menerima umpan balik, menerima koreksi, mempunyai kesempatan untuk perbaikan dan memperoleh penguatan yang memadai
References
Astir, I. D. (2007). Pemahaman konsep siswa pada sub pokok bahasan alkana,alkena dan alkuna menggunakan software pembelajaran. Skripsi UPI. Tidak diterbitkan
Brotosiswoyo, B.S. (2000). Hakikat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi. Jakarta: Proyek Pengembangan Universitas Terbuka Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga
Depdiknas. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kimia SMA dan MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Harun, J dan Tasir, Z. (2003). Multimedia Dalam Pendidikan. Jakarta: PTS Publications
Kartimi. (2003). Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer ntuk Bahan Kajian Partikel-partikel Materi Sebagai Wahana Pendidikan Siswa SLTP. Tesis UPI. Tidak diterbitkan
Karyadinata. (2006). Aplikasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa SMA. Disertasi SPs UPI. Tidak diterbitkan
Kristi, A. (2008). Pembelajaran Praktikum Mandiri Berbasis Multimedia Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Tekanan Osmotik. Tesis UPI. Tidak diterbitkan
Liliasari, dkk. (1997). Pengembangan Model Pembelajaran Materi Subyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi Mahasiswa Calon Guru IPA. Laporan Penelitian. Bandung: FPMIPA IKIP Bandung
Liliasari. (2005). Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia melalui Pendidikan Fisika. Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap Dalam Ilmu Pendidikan IPA. Universitas Pendidikan Indonesia
Padmanaba, I. Ketut Gede, I. Made Kirna, and IB Nyoman Sudria. "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KIMIA KOLOID BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA SMA." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 2.1 (2018): 15-24.
Permana, I. (2010). Visualisasi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK pada Konsep Hidrokarbon. Tesis UPI. Tidak diterbitkan
Sadiman, dkk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Setiadhy, H. (2006). Peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA pada materi alkana dengan software pembelajaran multimedia interaktif. Skripsi UPI. Tidak diterbitkan
Subagja. (2006). Peningkatan hasil belajar kimia siswa SMA pada materi alkena dengan software pembelajaran multimedia interaktif. Skripsi UPI. Tidak diterbitkan
Tapilouw, F. S. (2007). Analisis Pembelajaran Biologi Berbasis Multimedia Interaktif Pada Berbagai Jenjang Pendidikan. Proceeding Seminar Internasional Pendidikan IPA ke-1 SPS UPI, Bandung, 27 Oktober 2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.