PENGEMBANGAN PERMAINAN LUDO KIMIA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI ASAM DAN BASA KELAS XI SMA/MA

Authors

  • wiwin vauzia
  • iswendi iswendi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i1.40718

Keywords:

Katakunci, ludo kimia berbasis android, asam dan basa, development studies.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan ludo kimia berbasis pada materi asam dan basa yang sudah ada kedalam bentuk android sebagai media pembelajaran di kelas XI SMA/MA, menentukan validitas dan praktikalitas ludo kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi asam dan basa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Educational Design Research dengan model Plomp yang terdiri dari 3  tahap, yaitu tahap preliminary research, prototyping stage, assessment phase. Penelitian ini dibatasi sampai tahap prototyping stage yaitu tahap (small group). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan angket praktikalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket kemudian dianalisis menggunakan Aiken’s V untuk validitas dan rumuas persentase untuk praktikalitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa permainan ludo kimia berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi asam dan basa memiliki validitas dari segi konstruk, konten dan media yang valid serta telah praktis dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran dan kebermanfaatan suatu media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ludo kimia berbasis android yang dikembangkan sudah valid dan praktis sebagai media pembelajaran pada materi asam dan basa kelas XI SMA/MA.

 

Author Biography

wiwin vauzia

Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Padang

Published

2022-02-17

Issue

Section

Articles