STUDI EKSPERIMEN PEMANFAATAN BUAH MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA) MENJADI MINUMAN SERBUK

Authors

  • Ni Luh Ernawati .
  • Ni Wayan Sukerti, S.Pd, M.Pd. .
  • Ida Ayu Putu Hemy Ekayani, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpkk.v3i1.5971

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) proses pembuatan minuman serbuk buah mengkudu dan (2) tingkat kesukaan panelis terhadap minuman serbuk buah mengkudu dilihat dari aspek warna, aroma, dan rasa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode observasi melalui uji organoleptik yang dilakukan oleh 50 orang panelis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu lembar uji mutu hedonik dengan 3 kategori suka, cukup suka, dan tidak suka. Hasil data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pembuatan minuman serbuk buah mengkudu yaitu: a) pemilihan buah mengkudu yang masak, b) buah dikupas dan dicuci, c) buah dihancurkan dengan menggunakan juicer untuk mendapatkan sari buah, d) sari buah, dicampur dengan putih telur yang sudah dikocok kaku dan asam sitrat kemudian di mixer kembali, e) tuangkan ke loyang, hamparkan tipis- tipis, lalu di oven dengan suhu 55-600C hingga kering (±6 – 8 jam), f) serbuk buah mengkudu kemudian diblender dengan gula halus, diayak dan dikemas. (2) tingkat kesukaan panelis terhadap minuman serbuk buah mengkudu dari aspek warna diperoleh persentase 58% dengan katagori suka, 38% dengan katagori cukup suka, dan 4% dengan katagori tidak suka. Aspek aroma diperoleh persentase 28% dengan katagori suka, 28% dengan katagori cukup suka, dan 44% dengan katagori tidak suka. Aspek rasa diperoleh persentase 58% dengan katagori suka, 22% dengan katagori cukup suka, dan 20% dengan katagori tidak suka.
Kata Kunci : buah mengkudu, kesukaan, minuman serbuk

This research aimed at ascertaining (1) the process of making noni powder drink and (2) the frequency of panelist’s fondness to noni powder drink seen from clor aspect, aroma, and flavor. This research was experimental research. The method of data collection in this research was observation method by organoleptic test conducted by 50 panelists. The instrument that used in this research was hedonic quality test sheets with 3 category like, quite likes, and dislikes.The data were analyzed using qualitative descriptive and quantitative descriptive. The result of this research showed (1) the process of making noni fruit powder drink namely: a) the selection of noni, b) the fruit peeled and washed, c) the fruit destroyed by using a juicer to get juice, d) the juice mixed with beaten egg white stiff and citric acid and then mixer it back, e) pour into baking dish, spread out tipis- thin, then in the oven with a temperature of 55-600C (± 6-8 hours), f) noni powder is dry blended with powdered sugar, sifted and packed. (2) The frequency of panelist’s fondness was noni powder drink obtained from the color aspect percentage 58% in the category like, 38% in the category quite like, and 4% in the categorydislike. Meanwhile, seen from aroma aspect was 28% in the category like, 28% in category quite like, and 44% in category dislike
keyword : Noni fruit, fondness, powder drink

Published

2015-08-21

Issue

Section

Articles