EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS QUIPPER SCHOOL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X DI SMA LABORATORIUM UNDIKSHA

Authors

  • I Gusti Ngurah Yatra Pratistha .
  • Dr. Gede Suweken, M.Sc. .
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan, S.Si., M.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v8i2.13087

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis quipper school lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X.1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X.2 sebagai kelompok kontrol. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes uraian. Kemudian data dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh nilai t-skor lebih besar dari nilai t-nilai . Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis quipper school lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran konvensional. Dengan kata lain, media pembelajaran e-learning berbasis quipper school berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja.
Kata Kunci : media pembelajaran, e-learning, quipper school, pemahaman konsep matematika.

This study aim to know whether student understanding of the mathematics concept that they learned by using e-learning media based on quipper school is better than student understanding of the mathematics concept that they learned by using conventional learning media. This study uses post test only control group design. The population in this study is tenth grade students of SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja in the academic year 2015/2016. Sampling was determined by random sampling technique. Samples of this study are tenth grade students 1 as an experimental group and tenth grade students 2 as the control group. The data of student understanding of the mathematics concept were gained through test. Then it will be analyzed using t-test. The result showed that the value of t-score greather then the value of t-table . Then it can be concluded that student understanding of the mathematics concept that they learned by using e-learning media based on quipper school is better than student understanding of the mathematics concept that they learned by using conventional learning media. In other words, student understanding of the mathematics concept that they learned by using e-learning media based on quipper school gives positive effect on student understanding of the mathematics concept of tenth grade students of SMA Laboratorium UNDIKSHA Singaraja.
keyword : Instructonal media, e-learning, quipper school, mathematic concept understanding.

Published

2018-01-23

Issue

Section

Articles