PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KEDIRI

Authors

  • Ni Made Yuli Antari .
  • Dra. Gst. Ayu Mahayukti,M.Si .
  • Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v8i2.13113

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model Reciprocal Teaching terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri sebanyak 472 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang mana sebanyak 4 kelas terpilih sebagai sampel dengan total sampel 72 siswa. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian semu dengan desain penelitian menggunakan factorial design. Dalam penelitian ini data yang diperlukan adalah data tentang kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajat matematika. Data tentang kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis dan data prestasi belajar matematika diperoleh melalui tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis secara deskriptif dan untuk pengujian hipotesis digunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur melalui uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) prestasi belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Reciprocal Teaching lebih baik dari siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. F_(A Hit)=12,315 , sedangkan F_Tab=3,982, dan rata-rata skor prestasi belajar matematika pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional (X ̅_A1=70,61>X ̅_A2=62,44); (2) terdapat interaksi antara pembelajaran (model Reciprocal Teaching dan konvensional) dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika (F_(AB Hit)=67,438Kata Kunci : prestasi belajar matematika, Reciprocal Teaching, berpikir kritis

This study aimed to describe the effect of Reciprocal Teaching to mathematical achievement which viewed from critical thinking ability of students in grade X of SMA Negeri 1 Kediri in the academic year of 2015/2016. The population in this study was all of tenth grade students of SMA Negeri 1 Kediri with amount 472 students. The sampling was determined by cluster random sampling technique in which 4 classes was selected as sample with the total of sample was 72 students. This study classified as quasi experiment with used of factorial design. In this study the necessary data was data about critical thinking ability and mathematical achievements. Data on critical thinking ability obtained through tests critical thinking ability and mathematical achievement data obtained through mathematics achievement tests. Data are analyzed descriptively while analysis of variance (ANOVA) two paths test through F analysis is used for the hypothesis test. The result of this study showed: (1) the mathematical achievement between students who learn using Reciprocal Teaching model better than students who learn using conventional learning which viewed from critical thinking ability. F_(A Hit)=12,315, while F_Tab=3,982, and the average value of the mathematical achievement of students who learn using Reciprocal Teacing model better than students who learn using conventional learning (X ̅_A1=70,61>X ̅_A2=62,44); (2) there is interaction between the learnings (Reciprocal Teaching and conventional) and critical thinking ability to mathematical achievement (F_(AB Hit)=67,438keyword : mathematical achievement, Reciprocal Teaching, critical thinking

Published

2018-01-25

Issue

Section

Articles