PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • Ni Putu Rina Marjawati
  • I Made Ardana Jurusan Matematika
  • I Gusti Putu Suharta Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap
pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa
keseluruhan sebanyak 320 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random
sampling. Melalui proses pengundian diperoleh sampel kelas VII A2 dan VII B2 sebagai kelompok
eksperimen serta kelas VII B3 dan VII B4 sebagai kelompok kontrol. Rancangan eksperimen ini
menggunakan post test only control group design. Data berupa skor pemahaman konsep matematika
siswa diambil dengan menggunakan tes pemahaman konsep bentuk uraian. Dari hasil pengujian
hipotesis dengan menggunakan teknik Uji-t satu ekor diperoleh nilai t-hitung sebesar 43,846 dengan
t-tabel (dk = 126; ╬▒ = 0,05; satu ekor) sebesar 1,98. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa
pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja yang mengikuti
pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada pemahaman konsep
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Singaraja yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata-kata kunci: model pembelajaran ARIAS, pemahaman konsep matematika siswa, eksperimen
semu

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles