PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA NON UNGGULAN SMA NEGERI 1 BANGLI

Authors

  • N. K Juliawati
  • I Gusti Putu Suharta Jurusan Matematika
  • I Putu Pasek Suryawan Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i2.19898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang
dibelajarkan dengan model penemuan terbimbing lebih baik daripada pemahaman konsep
matematika yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI MIPA Non Unggulan SMA Negeri 1 Bangli pada semester II tahun ajaran
2017/2018. Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bangli tersebar ke dalam 7 kelas dan terdapat satu
kelas unggulan yaitu kelas XI MIPA 1 sehingga populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI
MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI MIPA 5, XI MIPA 6, dan XI MIPA 7. Sampel penelitian
ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan pengundian terhadap 6 kelas yang merupakan populasi. Setelah dilakukan pengundian,
terpilih 2 kelas yakni kelas XI MIPA 2 dan kelas XI MIPA 3 sebagai sampel penelitian. Berikutnya,
dilakukan uji kesetaraan dengan uji-t terhadap kedua kelas tersebut. Hasil uji kesetaraan
menunjukkan bahwa kedua kelas dinyatakan setara. Kemudian, dilakukan pengundian kembali
terhadap kedua kelas sehingga diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas
XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dikategorikan penelitian eksperimen semu dengan
desain penelitian post-test only control group design. Data tentang kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematika siswa.
Selanjutnya skor tes pemahaman konsep matematika dianalisis dengan menggunakan uji-t satu
ekor (ekor kanan) pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 1, 87
sedangkan dengan gtaraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1, 671. Nilai statistik ini memiliki makna
bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan model penemuan
terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep matematika siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: model pembelajaran penemuan terbimbing, pemahaman konsep matematika siswa,
Lembar Kerja Siswa Penemuan Terbimbing.

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles