MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHTBERBANTUAN ALAT PERAGA

Authors

  • W. Rizki Fitria
  • I Putu Wisna Ariawan Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i1.19908

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Alat Peraga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek siswa Kelas IX B SMP Maulana Pegayaman semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019sebanyak 24 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan data tanggapan siswa diperoleh melalui angket. Tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada Siklus I menghasilkan rata-rata skor sebesar 46,9, Siklus II sebesar 57,9, dan Siklus III sebesar 77,0. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada Siklus I sebesar 12,5%, Siklus II sebesar 50%, dan Siklus III sebesar 79,2%. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika terjadi karena pembelajaran memberi kesempatan semua siswa untuk berdiskusi secara berkelompok dan mengemukakan pendapat serta ide-idenya untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan, pembelajaran yang dipadukan dengan penggunaan alat peraga dapat membantu siswa memperagakan suatu konsep secara nyata dalam kegiatan pembelajaran, dan adanya upaya perbaikan terhadap kendala yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, tanggapan siswa terhadap penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Togetherberbantuan Alat Peragaberada pada kategoripositif dengan rata-rata skor tanggapan siswa sebesar 44,9.

Kata kunci:Alat Peraga,Numbered Heads Together, Pemecahan masalah matematika

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles