PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII.1 SMP N 2 SINGARAJA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Authors

  • Luh Putu Arya Melyana Setiawati
  • I Made Sugiarta Jurusan Matematika
  • I Gusti Putu Suharta Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dan
tanggapan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VII.1 SMPN 2 Singaraja sebanyak 32 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Data
pemahaman konsep matematika siswa diukur menggunakan tes pemahaman konsep berbentuk uraian.
Data tanggapan siswa diukur menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep dari siklus ke siklus berturutturut,
yaitu 63,44 ; 74,69 ; dan 81,88 dengan rata-rata nilai mengalami peningkatan dari siklus ke siklus
secara berturut-turut, yaitu 7,19 dan 11,25. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa terjadi
karena guru memberikan pengawasan lebih intensif terhadap siswa dalam pengerjaan LKS dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS . Kegiatan pembelajaran yang dilakukan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep yang akan dipelajari. Selain
itu, siswa merespon positif model kooperatif tipe TSTS.
Kata Kunci : pemahaman konsep matematika, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS(two stay two
stray) , tanggapan siswa

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles