PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Kadek Putri Wahyuni
  • Ni Made Sri Mertasari Jurusan Matematika
  • I Nyoman Gita Jurusan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v10i2.19923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER
berbantuan mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian adalah
Post Test Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
MIPA SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang diambil menggunakkan teknik
cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan
masalah matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian dan
diberikan di akhir penelitian. Data hasil tes kemampuan pemecahan masalah
matematika dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf siginifikansi 5%. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa thitung = 3,606938 > ttabel = 1,998341 sehingga 0 H
ditolak. Ini berarti, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang
dibelajarkan dengan model pembelajaran MASTER berbantuan mind mapping lebih
baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER berbantuan mind mapping
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Kata kunci: model pembelajaran MASTER, mind mapping, pemecahan masalah
matematika

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles