PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MACROMEDIA FLASH BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Sutri Yono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika macromedia flash berbasis pendekatan kontekstual pada materi volume bangun ruang sisi datar kelas VIII yang valid dan praktis serta mengetahui karakteristik media pembelajaran macromedia flash yang dikembang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: tahap Analyze, tahap Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika macromedia flash memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata skor 4,24. Sedangkan hasil penilaian angket kepraktisan diperoleh bahwa media pembelajaran matematika macromedia flash memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata skor 4,3. Karakteristik yang dimiliki oleh media pembelajaran ini adalah tujuan pembelajaran jelas, materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai, kebenaran konsep, petunjuk penggunaan jelas, terdapat apersepsi, alur pembelajaran jelas, terdapat contoh, latihan, dan pembahasan, interaktif, navigasi mudah, bahasa yang digunakan mudah dipahami.

Kata kunci: pengembangan, macromedia flash, kontekstual


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.21232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha indexed by:

 Crossref

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.