PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLASSWIDE PEER TUTORING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Niputu Bela Fitrianiayuningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarsana Jurusan Matematika Undiksha
  • I Gusti Ngurah Pujawan Jurusan Matematika Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.24109

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Baturiti tahun ajaran 2019 / 2020. Subjek penelitian ini sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari siklus I, II, dan III secara berturut – turut berdasarkan nilai yang diperoleh pada setiap siklus. Kemampuan berpikir keratif matematika siswa yang meningkat karena upaya perbaikan dilaksanakan pada setiap siklus sesuai dengan hasil refleksi setiap siklusnya. Model pembelajaran Classwide Peer Tutoring mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Hal tersebut terjadi karena pemberian soal terbuka yang dilakukan secara efektif yang mendukung pelaksanaan pembelajaran,memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Dalam proses penelitian, siswa merespon positif model pembelajaran yang diterapkan.

Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, Classwide Peer Tutoring, Open Ended, tanggapan siswa.

Downloads

Published

2020-04-20