PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i1.24312Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kubu pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebanyak 28 orang. Objek penelitian berupa peningkatan hasil belajar yang meliputi hasil belajar kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Untuk mengukur hasil belajar matematika siswa digunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda untuk hasil belajar pengetahuan dan tes uraian untuk mengukur hasil belajar kompetensi keterampilan yang diberikan pada akhir tiap siklus. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kubu semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Rata-rata hasil belajar pengetahuan pada siklus I sebesar 72,62 dengan ketuntasan klasikal 78,57% menunjukkan peningkatan dari refleksi awal sebesar 8,52 (13,29%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 15,24%. Rata-rata hasil belajar keterampilan pada siklus I sebesar 72,43 dengan ketuntasan klasikal 71,43% menunjukkan peningkatan dari refleksi awal sebesar 8,56 (13,40%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 4,76%. Rata-rata hasil belajar pengetahuan pada siklus II sebesar 83,10 dengan ketuntasan klasikal 92,86% menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 10,48 (14,43%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 14.29%. Rata-rata hasil belajar keterampilan pada siklus II sebesar 82,86 dengan ketuntasan klasikal 92,86% menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 10,43 (14,40%) dan ketuntasan klasikal meningkat sebesar 21,43%.
Kata kunci : Kooperatif Think Pair Share, hasil belajar
Abstract
This study aimed to improve the learning outcomes of VII E students of SMP Negeri 2 Kubu in semester genap of 2018/2019 academic year in learning mathematics by applying the Cooperative learning model Think Pair Share. This research was classroom action research consist of two cycles. Each cycle consists of planning, implementing actions, evaluating observations, and reflecting. The subjects of this research were 28 students of VII E class. The object of this research was an increasing learning outcomes which include learning outcomes of knowledge and skills competencies. To measure student learning outcomes in mathematics use the test of learning outcomes in the form of multiple choice for learning outcomes of knowledge and essay tests to measure the results of learning competency skills given at the end of each cycle. Data collected were analyzed using descriptive analysis. The results of data analysis showed that the application of Think Pair Share type of cooperative learning in mathematics learning can improve the learning outcomes of Grade VII E students of SMP Negeri 2 Kubu in semester genap of 2018/2019 academic year. Average knowledge learning outcomes in the first cycle was 72.62 with 78.57% classical completeness showed an increase from the initial reflection of 8.52 (13.29%) and classical completeness increased by 15.24%. The average skill learning outcomes in the first cycle was 72.43 with a classical completeness was 71.43% showed an increase from the initial reflection by 8.56 (13.40%) and classical completeness increased by 4.76%. The average learning outcomes of knowledge in the second cycle was 83.10 with a classical completeness was 92.86% showed an increase from the first cycle of 10.48 (14.43%) and classical completeness increased by 14.29%. The average learning outcomes of skills in the second cycle was 82.86 with 92.86% classical completeness showed an increase from the first cycle was 10.43 (14.40%) and classical completeness increased by 21.43%.
Key words : Cooperative Think Pair Share, learning outcomes
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.