Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP *

Authors

  • I Komang Adi Indra Pramana .
  • Prof. Dr.I Gusti Putu Suharta,M.Si .
  • Dra.Ni Nyoman Parwati,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.2587

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIB8 SMP Negeri 4 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving), dan (2) mengetahui tanggapan siswa kelas VIIIB8 SMP Negeri 4 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB8 SMP Negeri 4 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2012/2013, sebanyak 29 orang dengan 16 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode (1) observasi, (2) pengumpulan dokumentasi, (3) wawancara, (4) angket, dan (5) tes. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian mununjukkan bahwa (1) peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIIB8 SMP Negeri 4 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving), baik secara kuantitatif maupun kualitatif adalah sebagai berikut. Besar peningkatan rata-rata skor Prestasi Belajar matematika siswa secara kuantitatif dari siklus I ke siklus II adalah 17,96 dengan persentase peningkatannya 17,96% yaitu dari 56,90 pada siklus I menjadi 74,86 pada siklus II, sedangkan secara kualitatif dari kategori cukup pada siklus I menjadi baik pada siklus II. Besar peningkatan rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa secara kuantitatif dari siklus II ke siklus III adalah 14,08 dengan persentase peningkatannya 14,08% yaitu dari 74,86 pada siklus II menjadi 88,94 pada siklus III, sedangkan secara kualitatif terjadi peningkatan yaitu dari kategori baik menjadi sangat baik, (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving) adalah positif dengan rata-rata skor tanggapan siswa sebesar 35,20.
Kata Kunci : pembelajaran, prestasi belajar, tanggapan siswa.

This study was aimed at finding out: (1) the enhancement of students’ mathematics learning achievement of VIIIB8 class in SMP Negeri 4 Singaraja by applying an instructional model DLPS (Double Loop Problem Solving), and (2) the students’ responses toward the apllication of the instructional model DLPS (Double Loop Problem Solving). This research was a classroom action research which was done in three cycles. The subjects of this research were students of VIIIB8 class in SMP Negeri 4 Singaraja in the second semester of academic year 2012/2013, which altogether consist of 29 students; 16 male students and 13 female students. The data were collected by using some methods, they were (1) observation, (2) documentation, (3) interviews, (4) questionnaire, and (5) test. Then, the collected data were analyzed by using descriptive analysis method. The results of this research showed that (1) the enhancement of students’ mathematics learning achievement of VIIIB8 class in SMP Negeri 4 Singaraja by applying the instructional model DLPS (Double Loop Problem Solving), either quantitaively and qualitatively showed that the average score of students’ mathematics learning achievement increased quantitatively from the first cycle (56,90) to the second cycle (74,86) which was amount 17,96, with the enhancement percentage was 17,96%. While, qualitatively it was from “fair” category on the first cycle to be “good” category on the second cycle. The average score of students’ mathematics learning achievement increased quantitatively from the second cycle (74,86) to the third cycle (88,94) which was amount 14,08, with the enhancement percentage was 14,08%. While, qualitatively it was from “good” category on the second cycle to be “very good” category on the third cycle. The students’ responses toward the application of the instructional model DLPS (Double Loop Problem Solving) was positive, by the average score was 35,20.*
keyword : instructional model, learning achievement, students’ responses*

Published

2014-03-03

Issue

Section

Articles