MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING SETTING THINK PAIR SHARE

Authors

  • Apri Kurniawan Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak
  • Varetha Lisarani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33267

Abstract

Siswa di sekolah dengan fasilitas teknologi dan internet yang kurang memadai akan kesulitan dalam bersaing di era Industri 4.0. Oleh sebab itu sekolah seharusnya berfokus pada pengembangan keahlian yang masih sulit diotomatisasi oleh mesin, misalnya rasa ingin tahu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas VII dengan metode penemuan terbimbing setting TPS (Think Pair Share) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan penemuan terbimbing dengan setting TPS dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa setelah 2 siklus. Pada akhir siklus I siswa yang termasuk dalam kategori rasa ingin tahu sangat tinggi 0%, tinggi 57%, dan sedang 43%. Pada akhir siklus II diperoleh siswa yang termasuk dalam kategori sangat tinggi 4%, tinggi 70%, dan sedang 26%. Sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran di pertemuan 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah 82%, 92% dan 96%; serta 100% di pertemuan 4 hingga 8.

Downloads

Published

2021-08-25