ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI REPRESENTASI VERBAL

Authors

  • Yesi Apriska Universitas PGRI Semarang

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah perlu ditingkatkan karena sangat penting dalam pembelajaran matematika, salah satu yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan representasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dengan tahapan Krulik dan Rudnick pada materi aritmetika sosial ditinjau dari representasi verbal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 1 Ampelgading tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 4 siswa dengan rincian 2 siswa dengan kemampuan representasi verbal baik dan 2 siswa dengan representasi verbal sedang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes representasi verbal, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi Teknik dilakukan dengan cara data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan hasil wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Siswa dengan kemampuan representasi verbal baik mampu melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick dengan baik dan benar, dan (2) Siswa dengan kemampuan representasi verbal sedang hanya mampu melaksanakan sebagian tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa subjek dengan kemampuan representasi verbal baik memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik daripada subjek dengan kemampuan representasi verbal sedang.

Author Biography

Yesi Apriska, Universitas PGRI Semarang

mahasiswa

Downloads

Published

2022-11-30