PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING(PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X TIK SMK NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.4007Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah the posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X TIK semester genap SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 185 orang yang berdistribusi ke dalam 7 kelas dengan 4 kelas keahlian teknik komputer dan jaringan(TKJ) dan 3 kelas multimedia(MM). Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu X TKJ 2 dan X MM2 satu. Dengan pengundian diperoleh kelas X MM2 Sebagai Kelas Eksperiment dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas Kontrol. Data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay kemampuan pemecahan masalah matematika. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor (ekor kanan) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi Model Project Based Learning lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat Model pembelajaran konvensional. Dengan kata lain ada pengaruh positif Model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Kata Kunci : Model Project Based Learning, pemecahan masalah matematika.
This research is a quasy experiment which aims at describing the effect of Project Based Learning Model to students' mathematical problem solving ability. This research design used was posttest only control group design. Research population was the second semester students in grade X of SMK Negeri 3 Singaraja that consists of 185 students. This population research was distributed into 7 classes such as 4 classes of computer and network engineering expertise (TKJ) and 3 classes of multimedia (MM). Research sample was determined by simple random sampling technique. Based on the random sampling, it was got two classes; they are Class X MM2 as experiment class and class X TKJ 2 as control class. Data of research was collected using essay tests of mathematical problem solving ability. Furthermore, the data were analyzed using one tailed t-test (right tail) at significance level of 5%. The results shows that the mathematical problem-solving ability of students who learned through Project Based Learning model is higher than those who learned through conventional learning models. In other words, there is a positive effect of Model Project Based Learning on students' mathematical problem solving ability.
keyword : Project Based Learning model, problems solving mathematical
Published
2014-08-18
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.