IMPLEMENTASI STRATEGI RTE BERBANTUAN KARTU KERJA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Authors

  • Agus Ari Gunawan .
  • Drs.Djoko Waluyo,M.Sc .
  • Drs. Sariyasa,M.Sc., Ph.D .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v2i1.4029

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep matematika, serta mendeskripsikan tanggapan siswa Kelas VIII SMP Mutiara Singaraja yang dicapai melalui implementasi strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange berbantuan kartu kerja. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII SMP Mutiara Singaraja pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014, sebanyak 41 orang. Dalam penelitian ini data pemahaman konsep diukur menggunakan tes uraian, serta tanggapan siswa dengan angket. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep mengalami peningkatan dari 56,33 pada tes awal dengan kategori cukup menjadi 59,60 pada siklus I dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 59,60 pada siklus I menjadi 65,02 dengan kategori tinggi. Tanggapan siswa terhadap implementasi strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange berbantuan kartu kerja adalah 46,83 dalam kategori positif.
Kata Kunci : kartu kerja, strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange, pemahaman konsep matematika

This classroom action research was aimed at finding out the improvement of student’sunderstanding of mathematical concept, and the student’s responses toward the implementation of cooperative instructional srategyRotating Trio Exchange. The subjects of this research were 41 student’s of class VIII in SMP Mutiara Singaraja on the 1st semester in academic year 2013/2014. In this research, the test was applied to collect the data of understanding of mathematical concepts. The student’s response was obtained by using quisioner. The data were analyzed descriptively. The understanding of mathematical concepts in the first cycle increased from 56,33 (medium) in first test to 59,60 ( medium). There was improvement again in second cycle from 59,60 to 65,02 (high). Based on student’s research which was 46,83, the student’s responses were positive.
keyword : work sheet, Rotating Trio Exchange learning strategies, understanding of mathematical concept.

Published

2014-09-08

Issue

Section

Articles