Korelasi Antara Pola Asuh dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Matematika Siswa SMA di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i2.41669Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pola asuh terhadap prestasi matematika, kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika dan secara bersama-sama antara pola asuh dan kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Sampel yang diteliti sebanyak 30 siswa kelas XI SMA. Pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner skala likert dan nilai UAS. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (deskriptif statistik, normalitas, linieritas dan multikolinieritas) dan uji korelasi (Korelasi Product Moment dan Multiple Correlation). Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) tidak terdapat korelasi yang signifikan antara pola asuh terhadap prestasi matematika sebesar -0.234; (2) terdapat korelasi yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika sebesar 0.398; (3) terdapat korelasi yang signifikan antara pola asuh dan kebiasaan belajar terhadap prestasi matematika sebesar 0.424 dengan tingkat kontribusi 18% dari variabel-variabel.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.