PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF DALAM PERKULIAHAN DARING STRUKTUR ALJABAR

Authors

  • I Nyoman Budayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.46901

Abstract

Perkuliahan daring merupakan salah satu jawaban dari permasalahan di dunia pendidikan selama pandemi COVID-19. Untuk mendukung pelaksanaan perkuliahan daring agar berjalan baik, salah satu media yang dapat di manfaatkan adalah penggunaan e-modul interaktif. Penelitian ini bertujuanuntuk : (1) membuat e-modul interaktif yang memenuhi syarat valid sebagai bahan ajar dalam perkuliahan struktur aljabar, (2) mengetahui hasil belajar mahasiswa S1 Matematika setelah menggunakan e-modul interaktif pada mata kuliah struktur aljabar, dan (3) mengetahui respon mahasiswa S1 Matematika terhadap e-moduli interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one shot case study. Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut : (1) bahan ajar berupa e-modul interaktif untuk mata kuliah struktur aljabar, (2) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan e-modul interaktif dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 93,75%, (3) respon mahasiswa terhadap penggunaan e-modul interaktif pada proses pembelajaran juga masuk pada kategori baik.

Downloads

Published

2022-05-13