ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL BOY-BOYAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i2.47011Abstract
Etnomatematika merupakan sebuah pendekatan yang menghubungkan unsur budaya lokal dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran berbasis etnomatematika sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada diri anak dan memupuk rasa cinta akan budaya lokal yang perlahan mulai ditinggalkan karena pesatnya perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan dan mendeskripsikan unsur-unsur matematika yang terkandung di dalam permainan tradisional Boy-Boyan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah sumber data yang relevan yang diambil dari karya ilmiah, jurnal, tesis, disertasi, ensiklopedia, internet, dan sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur-unsur matematika pada permainan Boy-Boyan berupa konsep bangun datar, bangun ruang, membilang, peluang, dan kecepatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.